Festival Budaya Minang ‘Guncang’ Ibukota Dengan Tari Musik dan Randai

0

April 2018 publik dan perantau ibukota (Jakarta) akan diguncang dengan beragam pertunjukan budaya minang. Rangkaian kegiatan yang terangkum dalam pertunjukan sendratasik (seni drama, tari dan musik) bertajuk Minang Culture Festival ini tentunya akan sangat ditunggu-tunggu oleh perantau minang yang kangen dengan suasana khas kampung halaman.

Setelah sukses memancangkan Marawa di tanah ibukota pada event MCF 2017, Minang Culture Festival siap untuk “maoyak” Taman Ismail Marzuki kembali tahun ini dengan mengangkat tema “Minang Taguah Tarago Alek, Kampuang Jauah Taraso Dakek”.

Acara yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni Minangkabau Universitas Indonesia (IMAMI UI) ini diadakan tidak hanya untuk menfasilitasi para perantau Minangkabau se-Jabodetabek untuk melepas rasa rindu dengan kampung halaman, tetapi juga untuk para pecinta seni dan kebudayaan Indonesia untuk menikmati suguhan keindahan kebudayaan dan kesenian dari bumi Minangkabau, seperti seni tari, seni musik, drama tradisional, makanan khas, serta pakaian adat.

Kemeriahan Minang Culture Festival 2018 bisa dilihat di kanal youtube resmi kami Wonderful Minangkabau.

Penampilan Randai & Tari Minang

Sebagai acara puncak pada MCF 2018 adalah main event berupa bazaar dan pertunjukkan/pagelaran seni Minangkabau, yang akan diadakan pada tanggak 22/04/2018 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Acara bazaar akan diisi dengan pameran makanan khas Minangkabau dan pakaian adat, serta pameran foto, sebagai pembuka acara puncak MCF 2018. Bazaar akan dibuka mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, pertunjukkan/pagelaran seni, sebagai acara puncak MCF 2018, yang akan dilangsungkan secara indoor mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB, mulai open gate pada pukul 17.00 WIB. Acara puncak ini akan diisi dengan penampilan tari-tarian, live musik tradisional Minangkabau, serta randai dan teater Gala Balabuah.

Bintang Tamu : Ratu Sikumbang

Acara festival budaya ini semakin meriah dengan kehadiran bintang tamu penyanyi pop minang Ratu Sikumbang. Penampilan penyanyi cantik ini pada pembukaan acara menjadi magnet tersendiri bagi para penikmat festival seni dan budaya tersebut.

Ratu Sikumbang hadir dan membawakan dua buah lagu yaitu ‘Gungguanglah denai’ dan ‘Manjalang Denai’. 

Urang Minang Baralek Gadang

Untuk anda yang terlewat dan tidak bisa datang di acara MCF IMAMI UI 2018 anda tidak perlu risau. Ayo datang dan saksikan Acara Urang Minang Baralek Gadang 2018 di Taman Ismail Marzuki pada tanggal 28 & 29 April 2018. Bagi dunsanak yang ado diperantauan Ayo datang dan saksikan perhelatan akbar urang awak Di Taman Ismail Marzuki Tanggal 28 – 29 April 2018 mulai Pukul 07.00 – 22.00 Wib.

Menampilkan pertunjukan kesenian, permainan tradisional anak nagari, tradisi budaya makan bajamba yang disponsori oleh Rumah Makan Saribundo, Pameran bazaar kerajinan dan kuliner khas minang seperti :

  • Martabak Kubang
  • Nasi Kapau
  • Soto Padang
  • Randang
  • Keripik Khas Minang
  • Sate
  • Cindua
  • Makanan Khas Daerah Sumatera Barat

Serta aneka lomba seperti lomba tari, randai, KIM, Silek Harimau, saluang, rabab, Bedah Buku Oleh Afuadi (Penulis Buku 5 Menara), Fashionshow dan Dialog Interaktif bersama Boeyoenq Rais (Designer Senior Indonesia). Kegiatan tersebut bertujuan sebagai media tali silaturrahmi antar perantau minang dan memperkenalkan seni budaya dan tradisi minangkabau di tanah perantaun.

💠 *Event*
🔸Pekan Olahraga Tradisional Minangkabau
🔸Pertunjukan Kesenian Minang
🔸Stand Up Comedy Minang
🔸Minangkabau Bridal Expo 2018
🔸Minangkabau Fair 2018

💠 *Aneka Lomba*
🔸Lomba Manatiang Piriang
🔸Lomba Teh Talua
🔸Minangkabau Modern Dance Festival
🔸Festival Gandang Tasa .

💠 *Acara*
🔸Bedah Buku
🔸Bazaar
🔸Talkshow
🔸Rabab
🔸Saluang
🔸KIM
🔸Kuliner
🔸Games
🔸Instrumen Musik
🔸Silek
🔸Randai
🔸Tarian
🔸Artis Minang
🔸Dll

Comments

comments

Share.

About Author

Hometown Bungo Tanjung, Batipuah, Tanah Datar, Minangkabau; Alumni of Physics, Institut Teknologi Bandung; Dancer of Unit Kesenian Minangkabau (UKM ITB); Demand Planner of PT. Paragon Technology and Innovation

Comments are closed.