PPG SM-3T Angkatan V UNP Sukses Menggelar Workshop Menulis Kreatif

0

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) SM-3T angkatan V UNP melalui Divisi Infokom menyelenggarakan kegiatan Workshop Menulis Kreatif dan Lomba Penulisan Kisah Inspiratif dengan mengangkat tema ‘Abdimu untuk Negeri Tak Hanya Sebatas Memori’. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari, Sabtu, (13/05/17) di aula gedung Pasca Sarjana UNP, Padang, dari pukul 09.00 hingga16.00 WIB ini, berjalan lancar dan sukses.

Workshop Menulis Kreatif dan Lomba Penulisan Kisah Inspiratif diawali dengan pembacaan doa serta sambutan dari ketua pelaksana, Rahayu, S.Pd.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi calon guru dalam bidang menulis, mengingat para peserta PPG ini nantinya akan kembali ditempatkan untuk mengajar di daerah pedalaman yang sangat banyak pengalamannya.

Materi pertama dari segi akademis disampaikan oleh Prof. Dr. Harris Efendi Thahar, M.Pd., Guru Besar Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di UNP, yang juga adalah seorang sastrawan Sumatra Barat. Menurut Prof. Dr. Harris Efendi Thahar, M.Pd., menulis kreatif berbeda dengan menulis cerita biasa. Hasil dari menulis kreatif itu berupa sesuatu hal yang baru, yang belum pernah ditulis orang lain.

Materi kedua dari segi kearifan lokal disampaikan oleh Fatris MF, seorang traveller writer yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari menteri pariwisata RI dan peraih Hibah Kelola di Jakarta International Film Festival (JIFFest 2010) dalam bidang penulisan. Fatris mengungkapkan bahwa menulis tidak selalu harus berada dalam ruangan, lewat alam pun kita akan terampil menulis. Dari alam akan banyak bermunculan ide-ide kreatif.

“Pengalaman-pengalaman yang didapatkan oleh peserta PPG SM-3T selama mengabdi satu tahun di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) dapat dijadikan modal dasar oleh para calon guru professional tersebut untuk menulis.”

Melalui tulisan, nantinya pengalaman yang berharga tersebut dapat dijadikan pedoman oleh guru-guru yang mengajar di kota-kota besar dengan fasilitas lengkap mengingat belum adanya buku atau sumber mengenai pengalaman mengajar di daerah dengan minim fasilitas.

Baca Juga :  Wisata Sumbar dan Segenap Kecantikannya di Malam Hari

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini nantinya akan menggugah hati para calon guru professional untuk berkarya dan menyadari bahwa mendidik tidak hanya di dalam kelas, tetapi dari pengalaman pun kita dapat mengajarkan hal-hal yang positif dan inspiratif. “Tulis saja apa adanya, jujur. Semakin terbuka dalam menyampaikan apa yang ingin ditulis, semakin nikmat tulisan itu untuk dibaca”, tambah Fatris.

Sebelumnya, Divisi Infokom PPG SM-3T UNP telah mengadakan Foto Kontes yang diperlombakan untuk memperingati hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei lalu. Foto-foto terbaik yang dikirimkan para peserta melalui akun instagram PPG SM-3T UNP ini melibatkan Unit Kegiatan Film dan Fotografi (UKFF) UNP dalam memberikan penilaian. Pengumuman pemenang Foto Kontes tersebut diumumkan bertepatan pada kegiatan Workshop Menulis Kreatif dan Lomba Penulisan Kisah Inspiratif ini.

Kegiatan yang dihadiri oleh  206 orang  peserta PPG SM-3T UNP angkatan V ini ditutup dengan kegiatan menulis yang dilakukan oleh para peserta. Setiap peserta menuangkan segala pengalaman yang telah mereka dapatkan selama bertugas di pelosok ke dalam bentuk tulisan. Di akhir kegiatan, peserta yang mendapatkan kertas di bawah tempat duduknya berhak mendapatkan doorprize dengan syarat maju ke depan untuk membacakan hasil tulisannya.

Baca Juga :  Padang & 21 Kota Se-Indonesia Adakan Simulasi SBMPTN Nasional 23 April

Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini sampai akhir. “Kegiatan ini sangat bagus dan menginspirasi. Melalui kegiatan ini saya dapat mengetahui cara-cara menuls dengan benar dan menumbuhkan minat menulis” kata Bayu Brahmana, S.Pd., peserta workshop.

(Dilaporkan oleh Irwandi)

Comments

comments

Share.

About Author

Penulis Puisi. Karya : Suluh Nurani (2013), Sejauh Bintang (2015) dan Bulan Menetas (2016). Tergabung dalam komunitas kepenulisan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Wilayah Sumaterabarat

Comments are closed.