kembar-danau-diatas-dan-danau-dibawah-702x336

Keindahan Tersembunyi ‘Danau Kembar’ di Sumatera Barat

Posted on

Danau diatas dan Danau dibawah, atau yang biasa dikenal sebagi dari Danau kembar ini biasanya dijadikan satu paket dalam kunjungan wisata. Kedua danau yang terletak berdekatan ini masih berada dalam kabupaten solok, tepatnya di Daerah Bungo Tanjung Alahan panjang.

Berbeda dengan Danau Singkarak yang lebih mudah diakses dari berbagai kota di Sumatera Barat, danau kembar terletak di ketinggian dan lebih ‘tersembunyi’ . Dibutuhkan kurang lebih satu jam perjalanan dari kota solok untuk mencapai danau ini. Kontur jalan perbukitan yang menanjak dan berbelok-belok menjadi tantangan sekaligus keseruan tersendiri.

Cara Ke Danau Kembar

Danau kembar terletak di Alahan Panjang, sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Solok. Medan yang dilalui menanjak dan berkelok-kelok, khas jalanan perbukitan. Namun akses jalan ke danau kembar sangat memadai. Selain asapal yang mulus dan jalan yang lebar, perjalanan ke dana kembar juga memiliki bonus view dan panorama kebun teh.

Danau diatas dan danau dibawah ini menjadi landmark  pariwisata daerah di alahan panjang. Uniknya, danau yang lebih tinggi dinamai dengan danau dibawah, sedangkan yang satunya dinamai danau diatas, padahal terletak lebih rendah.

Panorama Danau Kembar

Pemandangan alam dari ketinggian dengan latar belakang danau kembar ini tentu sangat instagramable bukan? Wajar saja banyak yang mengabadikan moment-moment cantik disini. Tidak saja latar belakang kedua danau, namun juga kebun teh di sini.

Baca Juga :  Pandai Sikek Sebagai Sentra Wisata Ekonomi dan Budaya Sumatera Barat

Berada di ketinggian, wajar saja banyak perkebunan teh di kawasan danau kembar ini. Layaknya perkebunan teh, tentu saja udaranya sangat dingin. Sehingga, anda harus membawa persiapan lebih untuk melawan udara yang menusuk tulang, terutama saat pagi hari dan malam hari. Apalagi bila musim hujan tiba.

Tak puas dengan view danau kembar dan kebun teh? Anda bisa sekaligus menyaksikan kearifan lokal, wisata sosial masyarakat. Bila beruntung, anda bisa melihat penduduk setempat yang mendayung sampan dari tepian danau sembari membawa hasil panen sayuran. Ataupun para peternak ikan keramba di danau tersebut. Masyarakat yang ramah dan terbuka tentunya membuat perjalan anda akan semakin asyik.

Bagi anda yang sudah sangat akrab dengan Danau Singkarak dan Maninjau, ada baiknya mencoba petulangan anda ke sini. Menjadikan danau kembar dalam list perjalanan wisata anda ke Sumatera Barat. yuk piknik.

Comments

comments

Gravatar Image
Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D