Jadwal Lengkap Tour de SIngakrak 2018
Jadwal Lengkap Tour de SIngakrak 2018

Jadwal Lengkap Tour de Singkarak 2019. Rute, Etape, Start & Finish, Juara

Posted on

Tepat satu dekade yang lalu ketika peluit pertama Tour de Singkarak dibunyikan. Setelah sukses dengan 10 kali gelaran Tour de Singkarak, pemerintah Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Dinas Pariwisata akan kembali menyukseskan kompetisi balap sepeda tersebut untuk ke-11 kalinya.

Untuk penyegaran, musim kompetisi kali ini  direncanakan untuk menambah etape baru di Provinsi Jambi. Sesuai rencana, para pembalap sepeda yang berkompetisi akan menapaki jalanan provinsi tetangga pada etape ke 7 dan 8.

Rute Tour de Singkarak 2019

Dikutip dari laman antaranews.com. Tour de Singkarak akan digelar mulai tanggal 2 s.d 10 November 2019.  Perhelatan ini, kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumatra Barat Hendri Agung Indrianto adalah kali ke-11.

Ada hal yang menarik dari gelaran TdS tahun ini. Yaitu ketidakhadiran 4 Kabupaten/Kota dalam gelaran balap sepeda ke-11 ini. 4 Kabupaten/Kota tersebut adalah Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Sijunjung dan Kota Solok.

Berikut ini adalah sembilan etape TdS 2019.

Etape I  : Kota Pariaman – Tanah Datar

Etape II : Pasaman – Bukit Tinggi Etape

III: Payakumbuh – Sawahlunto

Etape IV : Limapuluh Kota – Dharmasraya

Etape V  : Kabupaten Solok – Agam

Etape VI : Padang Panjang – Solok Selatan

Etape VII: Kayu Aro- Kerinci Etape

VIII: Sungai Penuh – Pesisir Selatan

Etape IX  : Pesisir Selatan – Padang.

Hal Unik TdS 2019

Ada banyak hal klise mengawali gelaran TdS 2019, salah satunya adalah menurunnya aspirasi dan respons positif masyarakat. Sejak beberpaa tahun belakangan santer terdengar kabar miring bahwa sebagian masyarakat mulai kurang semangat dan bahkan menganggap TdS menghambat aktivitas mereka (akibat penutupan jalan). Ini menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan penyelenggara dengan menciptakan inovasi dan edukasi pada masyarakat.

Salah satu hal positif yang bisa dibanggakan pada penyelanggaraan TdS tahun ini adalah perluasan etape kompetisi hingga ke Provinsi Jambi. Setidaknya ada 2 Etape yang melewati jalanan Provinsi Jambi, yaitu Etape ke-7 dan 8.

Namun dilain hal, justru 4 Kabupaten/Kota memastikan diri tidak ikut serta dengan kompetisi tahun ini. Yaitu Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Sijunjung dan Kota Solok.

Belum lagi Wilayah Kepulauan Mentawai yang sama sekali belum pernah dijajaki pembalap Tour de Singkarak. Mungkin di tahun-tahun ke depan, penyelenggara bisa berinovasi dengan mengikutsertakan kepulauan mentawai dengan konsep-konsep yang sesuai dengan kondisi wilayah tersebut.

Namun demikian, Kita harus tetap berbangga dengan capaian dan usaha Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Kementrian Pariwisata untuk terus menggaungkan dan mendongkrak nilai jual Pariwisata Sumatera Barat.

(Dari Berbagai Sumber)

Comments

comments

Gravatar Image
Established Since "Gunuang Marapi Sagadang Talua Itiak"