7 Tempat Wisata Bukittinggi Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi

0

Bukittinggi sudah lama menjadi magnet bagi para wisatawan. Semenjak diresmikan sebagai kota wisata 33 tahun silam, Bukittinggi mulai menjelma menjadi kota yang makin apik dan cantik. Selain perbaikan objek wisata yang ada, juga dibuka banyak destinasi wisata baru yang tak kalah saing dengan destinasi wisata lain di Indonesia.

Selain alamnya yang cantik, Bukittingi juga menyimpan banyak potensi wisata lainnya, seperti wisata sejarah, wisata kuliner. Daerah penghasil sanjai nomor satu ini terus bergeliat dalam sektor pariwisata. Demi terwujudnya kenayaman para pengunjung untuk mengunjungi kota dengan Ikon Jam Gadang tersebut.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Bukittinggi, berikut tempat wisata paling hits yang wajib anda kunjungi.

Jam Gadang

Jam Gadang berada di urutan paling atas tempat yang wajib dikunjungi di Bukittinggi. Tidak lengkap rasanya bila melancong ke Bukittinggi tanpa berkunjung ke Jam Gadang. Jam berukuran raksasa ini konon hanya ada dua di dunia. Kembaran Big Ben, London  ini merupakan hadiah dari ratu Belanda dan dirancang langsung oleh putra daerah, Sutan Gigi Ameh.

Jam Gadang - Bukittinggi

Bendi di Taman Jam Gadang – Bukittinggi

Puas berfoto di taman pelataran jam gadang, anda bisa sekalian hunting kuliner khas di pasar ateh. Sebut saja nasi kapau, teh talua, ampiang dadiah, keripik sanjai ataupun belanja oleh-oleh handmade  yang sangat khas Bukittinggi.

The Great Wall of Koto Gadang

Janjang koto gadang ini diresmikan dan dibuka untuk umum sejak 2013 silam. janjang yang terbentang dari sianok hingga berakhir di Koto Gadang ini terletak tak jauh dari pusat kota Bukittinggi. Objek wisata ini sengaja dibuat semirip mungkin dengan Tembok Besar Cina.

The Great Wall of Koto Gadang - Bukittinggi

The Great Wall of Koto Gadang – Bukittinggi

Ratusan anak tangga berbelok belok dan mendaki ini menjadi salah satu ikon wisata Bukittinggi. Sayangnya, sekarang objek wisata ini kurang terawat. Banyak coretan sana sini dan berbagai aksi vandalisme dari pengunjung yang tak bertanggung jawab.

Baca Juga :  Foto Keindahaan Malam Tahun baru 2017 di Daerah di Sumatera Barat

Lobang Jepang

Lobang Jepang memiliki panjang sekitar 1400 m dan dibangun sebagai basis pertahan jepang. Terowongan yang dibangun pada tahun 1942 silam ini memiliki jalan bercabang dan terdiri dari banyak ruang. Didalamnya terdapat ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara hingga ruang senjata.

Lobang Jepang - Bukittinggi

Lobang Jepang – Bukittinggi

Kini, lobang jepang sudah dipugar dan dikondisikan sedemikian rupa. Untuk kenyamanan pengunjung, pemerintah setempat sudah memasang lampu penerangan, penunjuk jalan hingga kamera pemantau di terowongan tersebut.

Taman Ngarai Maaram

Taman Ngarai Maaram termasuk tempat wisata baru di Bukittinggi. Taman yang terletak di Bukik Apik ini berada tak jauh dari pusat kota Bukittinggi. Untuk mencapai tempat wisata ini bisa dengan berjalan kaki sekitar 15 hingga 20 menit dari pelataran jam gadang.

Taman Ngarai Maaram - Bukittinggi

Taman Ngarai Maaram – Bukittinggi

Selain taman bermain keluarga dan ruang terbuka, salah satu daya tarik Ngarai Maaram adalah adanya titian selfie. Menjawab trend wisata saat ini, pemerintah setempat menyediakan spot khusus untuk bewswafoto. Spot khusus ini semakin cantik dengan pemandangan panorama ngarai di bekakangnya.

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok adalah salah satu wisata yang sudah melegenda sejak dahulu. Tebing setinggi 20 meter ini dibelah oleh aliran sungai batang sianok ditengahnya. Aliran ini sejak dahulu sering dimanfaatkan para atlet kano. Selain itu, lembah dengan suasana hijau ini sangat cocok untuk wisata keluarga dan tempat melepas stres.

Hamparan Sawah Sianok - Bukittingi

Hamparan Sawah Sianok – Bukittingi

Baru baru ini, salah satu spot di sianok menjadi trend. Setelah dibukanya Hamparan Sawah Sianok oleh pemerintah setempat sebagai ruang tebuka hijau. Banyak muda-mudi dan keluarga yang berburu foto disini. Selain karena suasana yang sangat alami, aksesnya yang terjangkau, apalagi dengan dibuatkannya jalan beton yang membelah hamparan sawah padi tersebut.

Baca Juga :  Hamparan Sawah di Sianok ini 'Viral' dan Diburu Jadi Tempat Berfoto

Benteng Fort de Kock

Bagi anda yang ingin berwisata sekaligus mempelajari sejarah, bisa berkunjung ke benteng peninggalan Belanda. Benteng yang bernama Fort de Kock ini dibangun sebagai basis pertahanan terhadap pemberontakan kaum paderi yang meletus pada tahun 1821 hingga 1837.

Benteng Ford de Kock - Bukittinggi

Benteng Ford de Kock – Bukittinggi

Puing benteng kemudian direnovasi sejak 2002 silam dan dibuka sebagai taman kota Bukittinggi. Sekarang benteng menjadi salah satu tujuan wisata keluarga terfavorit. Destinasi ini dibuat satu paket dengan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Jembatan Limpapeh sebagai penghubungnya.

Kebun Binantang ‘Kinantan’

Dari benteng fort de kock, pengunjung bisa langsung menyeberangi Jembatan Limpapeh dan berujung di kebun binatang Kinantan. Taman Margasatwa yang dibangun sejak 1900-an ini memiliki tingkat keanekaragaman satwa yang cukup beragam. Ada aneka primata, reptil, mamalia hingga wahana akuarium yang berisi aneka jenis ikan.

Aquarium Kebun Binatang Kinantan - Bukittinggi

Aquarium Kebun Binatang Kinantan – Bukittinggi

Kebun binatang ini berda dalam satu komplek Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Selain taman margasatwa, didalamnya juga terdapat Rumah Gadang Baanjuang. 

Rumah Gadang yang dibangun pada tahun 1935 ini berisikan berbagai produk budaya dan benda peninggalan sejarah minangkabau. Selain itu, bangunan replika ini sengaja dibuat menyerupai bentuk asli rumah gadang. lengkap dengan struktur ruang.

Selain beberapa tempat wisata diatas masih banyak tempat lain yang wajib dikunjungi di Bukittinggi. Bila anda bekunjung ke Bukittinggi, hal yang paling penting untuk dicatat adalah parkir.

Bukittinggi, terutama dimusim libur & lebaran akan sangat ramai dan macet disana-sini. Sebaiknya anda parkir ataupun memesan hotel di sekitar pusat kota. Selain itu, fasilitas parkir yang terbatas akan menyulitkan anda mencari tempat parkir resmi dan terjaga keamanannya. But Overall, Worthed to be there!

Comments

comments

Share.

About Author

Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D

Comments are closed.