Rumah Kurcaci & Taman Tirta Sari. Wisata yang Lagi Hits & Instagramable

0

Bukittinggi memang pantas menyandang gelar sebagai Kota Wisata Sumatera Barat. Pasalnya banyak destinasi wisata baru yang dikembangkan, di pusat kota dan kawasan sekitar kota yang terkenal dengan ikon Jam Gadang-nya tersebut. Sebut saja seperti Taman Ngarai Maaram, Janjang Saribu hingga Great Wall of Koto Gadang, dan masih banyak lagi temapt wisata lain yang wajib anda kunjungi di Bukittinggi.

Mungkin masih segar di ingatan kita dua atau tiga tahun belakangan sedang hits ‘Danau Bermuka Dua’ di Tilatang Kamang, Agam. Danau yang saat airnya surut berubah menjadi padang rumput. Kini juga muncul destinasi wisata baru yang tengah viral di sosial media, seperti instagram. Yaitu, Taman Tirta Sari di Sonsang, Tilatang Kamang, Agam.

Sejarah Taman Tirta Sari

Taman Tirta Sari sebenanrya sudah ada sejak dahulu. Tempat ini sudah menjadi primadona orang-orang untuk pergi berwisata sejak tahun 70-an silam. Namun karena kurangnya perhatian masyarakat akibatnya Taman Tirtasari menjadi tidak diminati publik lagi dan menjadi rawa-rawa yang tidak terawat.

Walaupun Taman tirtasari sudah tidak terawat lagi, tetapi lokasi wisata ini tetap memberikan hasil yang bermanfaat bagi masyarakat Jorong Sonsang. Setiap tahunnya masyarakat mendapatkan hasil panen dari ikan-ikan yang hidup di rawa-rawa Taman Tirtasari.

Kolam Ikan Objek Wisata Embung Tirta Sari Tilatang Kamng Agam

Kolam Ikan Objek Wisata Embung Tirta Sari Tilatang Kamng Agam

Cara panennya pun sangat unik, dan menggunakan alam sebagai alat untuk mempermudah memanen ikan-ikan yang ada disana. Cara memanen masyarakat ketika itu dengan cara bergotong royong secara bersama-sama, baik tua, maupun muda bahkan anak-anak kecil pun ikut andil ketika memanen ikan tersebut. dengan menggunakan rumput ilalang yang ada dilokasi tersebut masyarakat memanen ikan-ikan yang ada disana.

Baca Juga :  View Maninjau yang Memukau dari Puncak Lawang dan Kelok 44

Taman Tirta Sari & Rumah Kurcaci

Setelah beberapa bulan merasakan keterpurukan, para pemuda Jorong Sonsang berisiatif untuk membangun kembali Taman tirtasari sebagai destinasi wisata. Dan pada awal tahun 2016 diresmikannya pembukaan Taman Tirtasari sebagai Tempat wisata yang memiliki tujuan untuk memberikan kesenangan dan kebahagiaan bagi pengunjung yang berkunjung ke lokasi.

Tak sekedar memberi makan ikan, melihat panorama atau bersepeda air, kini objek wisata Taman Tirtasari Songsang Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Agam-Sumbar sudah dilengkapi dengan tiga rumah Hobbit atau banyak yang menyebutnya rumah Kurcaci.

Tiga rumah mungil nan imut yang dibangun di kaki Bukit Panji ini mendadak viral di media sosial, padahal pengerjaannya belum rampung sepenuhnya. Ketiga rumah Hobbit atau kurcaci ini, masing-masing beratapkan rumput, ijuk dan rumbia. Sementara bahan-bahan pembuatannya, berupa semen, batu dan kayu-kayuan. Rumah ini tak difungsikan untuk hunian, hanya sekedar berselfie ria.

Kelebihan rumah kurcaci Songsang dibandingkan yang lain, rumah ini dibangun disela-sela tebing berbatu sehingga tampak amat mengesankan.

Lokasi Taman Tirta Sari

Objek wisata ini berjarak sekitar 11 kilometer dari Kota Bukittinggi, yang dapat ditempuh selama 20 hingga 30 menit menggunakan kendaraan. Dari Kota Bukittinggi menuju Tilatang Kamang melalui kawasan Gaduik, cukup banyak rambu penunjuk jalan menuju Taman Tirtasari yang akan memandu perjalanan anda menuju lokasi.

Baca Juga :  Hal yang Membuat Betah di Panorama Ngarai Sianok nan Elok

Tidak ada karcis masuk ke objek wisata ini. Hanya ada kotak sumbangan bagi pengunjung yang bisa diisi secara sukarela.

Sumber : Klik Positif.com // Ada Rumah Kurcaci di Taman Tirtasari Tilatang Kamang Agam

Comments

comments

Share.

About Author

Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D

Comments are closed.