Syahrul Tarun Yusuf : Musisi Pencipta 300+ Lagu Minang Terpopuler

0

Bapisah Bukannyo Bacarai adalah satu diantara ratusan lagu populer yang diciptakan Syahrul tarun Yusuf. Musisi asal Balingka, Agam ini sudah berkecimpung di dunia musik pop minang sejak tahun 1960-an. Karya yang dihasilkannya berjumlah ratusan, dan laris di pasaran oleh banyak penyanyi minang.

Syahrul Tarun Yusuf atau juga dikenal dengan nama Satayu , lahir di Balingka, Agam pada 12 Maret 1942. Meskipun lagu ciptaannya laris dan hit di pasaran, namun tak banyak yang tahu tentang kehidupan pribadi beliau. Musisi minang yang memiliki almamater INS Kayutanam  ini sekarang banyak melalui hari-hari bersama istrinya, Misnani, anak dan cucu.

Lagu Minang Populer Karya Syahrul Tarun Yusuf

Diantara 300+ karya ciptaannya, ada ratusan yang kemudian menajdi hit berkat dibawakan oleh penyanyi legendaris minang, seperti   Elly Kasim, Tiar Ramon, Yan Bastian, Lily Syarif, Nurseha. Tak hanya dicintai penikmat dalam negeri, bahkan negeri tetangga sudah acapkali melakukan rekaman ulang. Bahkan lagu ciptaan beliau dijadikan salah satu soundtrack film Merantau.

Bagi warga Sumbar, karya Tarun adalah bentuk peninggalan budaya Minang modern. Tak heran syair lagu-lagu Tarun kerap menjadi sumber tesis para mahasiswa karawitan. Bahkan, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi merupakan salah satu penggemar karya Tarun.

Diantara lagu ciptaan beliau, berikut lagu yang kemudian menjadi lagu minang populer sepanjang masa.

  • Ampun Mandeh
Baca Juga :  Mengenal Melati, Pelantun Lagu Kontroversial 'Kutang Barendo'

  • Bapisah Bukannyo Bacarai

  • Batu Tagak

  • Bugih Lamo

  • Gasiang Tangkurak

  • Kasiah Tak Sampai

  • Oi Andam Oii

  • Tinggalah Kampuang

Sejak tahun ’60 an sudah banyak lagu ciptaan Syahrul Tarun Yusuf yang direkam ulang dna dibawakan oleh banyak penyanyi pendatang baru. Hal ini menjadi bukti bahwa karya beliau tetap hidup di hati penikmat karya beliau.

Comments

comments

Share.

About Author

Undergraduated Student of University of Indonesia. Gadih Minang asli. Lahia di Ranah Minang & Gadang jo Samba Randang. Hoby Menari Minang, Menyanyi Lagu Minang dan Terutama Makanan Minang :D

Comments are closed.