Suka Rendang? Berikut Cara Membuat Rendang Enak dan Variatif

0

Rendang kembali menjadi topik pembicaraan akhir-akhir ini. Menyusul pernyataan juri lomba memasak di Ingggris yang mengatakan bahwa masakan (rendang) salah satu peserta kurang krispi. Hal ini sontak mengundang kritik netizen di dunia maya, tidak hanya di Indonesia bahkan hingga publik media sosial di Malaysia.

Sebagai makanan terlezat sedunia versi CNN Internasional sudah tentu banyak yang suka dengan makanan andalan minang ini. Selain cita rasa daging yang kaya akan bumbu rempah, rendang juga disukai karena rasa yang kuat, campuran dari santan kelapa yang dikeringkan, cabe dan aneka bumbu alami.

Dahulu Rendang adalah makanan yang sangat istimewa. Menu ini hanya dihidangkan pada hari-hari spesial, seperti Idul Fitri, Idul Adha, Resepsi Pernikahan dan acara adat lainnya. Sekarang bahkan hampir disetiap sudut jalan bisa ditemui di warung nasi padang.

Resep Rendang

Rendang secara umum terbuat dari daging sapi. Bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat rendang adalah santan dari kepala yang sudah agak tua, cabe merah, dan untuk bumbu dibutuhkan bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, pala, kunyit, ketumbar, daun jeruk, kemiri dan garam secukupnya.

Cara membuat rendang :

  1.  Kelapa diparut dan diambil santannya, kemudian dipanaskan di atas wajan
  2. Bahan bumbu dihaluskan dan diaduk dengan santan
  3. Tambahkan cabe merah yang sudah digiling halus sesuai selera
  4. Masukan daun jeruk dan kemiri
  5. Jangan lupa santan terus diaduk, supaya santan tidak menggumpal dan bumbu tercampur merata
  6. Masukan daging yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong
  7. Terus diaduk hingga matang
Baca Juga :  7 Tempat Wisata Kuliner Khas Minang yang Wajib Anda Coba

Selain rendang kering, sebagian orang juga suka rendang basah (kalio). Silahkan disesuaikan dengan selera anda.

Filosofi Rendang

Tak ada satupun hasil karya cipta dan rasa masyarakat minang tanpa ada makna filososinya, begitu juga dengan rendang. Berikut hikmah yang terdapat dalam proses memasak rendang.

  • Daging

Daging merupakan bahan utama utama dalam membuat rendang. Hal ini dikiaskan sebagai peran Ninik Mamak dalam strata sosial minangkabau sebagai pemangku adat yang paling utama.

  • Kelapa

Kelapa (karambia) merupakan perlambangan Cadiak Pandai. Kaum intelektual ini adalah orang yang akan menafsirkan nilai-nilai dan norma sebagaimana dikiaskan oleh para ninik mamak dalam pepatah-petitih. Kemudian mengkaji dan mengajarkan maknanya pada anak dan kemenakan.

  • Cabe

Cabe adalah pemberi rasa utama, rasa yang dihasilkan kuat dan pasti, berdasar tingkat kepedasan. Hal ini merupakan perlambangan alim ulama yang tegas dalam menegakan syariat islam. Menyampaikan bahwa yang benar adalah benar yang salah adalah salah. Tidak ada hukum yang abu-abu.

  • Bumbu Rempah

Sebagai pelengkap ialah semua bumbu rempah, hal ini meruapakan perlambagan masyarakat minang itu sendiri. Setiap orang punya ‘rasa’ dan keistimewaan sendiri, ketika semuanya pas dalam porsinya masing-masing maka akan menghasilkan rasa yang sedap pada masakan.

Variasi Rendang

Jenis rendang hanya ada dua yaitu rendang basah (kalio), lalu rendang kering. Kalio lebih berkuah dan hanya tahan satu atau dua hari, sehingga cocok untuk lauk makan sehari-hari. Membuatnya juga tidak terlalu lama. Sedangkan Rendang kering memang lebih butuh waktu untuk memasak, namun bisa tahan hingga berbulan bulan bila dimasak dengan cara yang tepat.

Baca Juga :  'Bilih Singkarak' : Ikon Wisata Kuliner Halal Sumatera Barat

Selain daging, ada banyak bahan makanan lain yang bisa diolah menjadi variasi rendang.

  • Randang ayam
  • Randang Itiak (bebek)
  • Randang Lokan (sejenis kerang air tawar)
  • Randang Talua (telur)
  • Randang Paru
  • Randang Suir (daging yang disuir kecil-kecil hingga seperti abon)
  • Randang Baluik (belut)
  • Randang Jariang (jengkol)
  • Randang Kantang (kentang)
  • dll

Jadi sebenarnya Rendang bukanlah merujuk pada nama makanan, tetapi proses memasak makanan hingga bumbu mengering dan meresap sempurna. Tidak selalu befungsi sebagai lauk makan, ada juga jenis rendang yang bisa jadi camilan, misalnya randang talua dan randang jagung.

Makanan yang bisa tahan hingga berminggu-minggu ini sekarang sudah banyak diperjual belikan secara online. Sehingga makin mudah mendapatkan rendang, bahkan dengan variasi yang dapat disesuaikan dengan selera konsumen.

Bahas makanan pasti bikin lapar. Yuk wisata kuliner ke Sumatera Barat.

Comments

comments

Share.

About Author

Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D

Comments are closed.