Profil Ratu Sikumbang – Penyanyi Lagu Minang Masa Kini

0

Ratu Sikumbang  adalah nama panggung dari Ratu Nur Prilia Menez. Penyanyi muda ini mulai dikenal namanya sejak 2009. Debut pertamanya dimulai dengan Album Balam Tigo Gayo, yang berisi lagu-lagu minang populer yang direkam kembali. Dengan suara yang khas, powerful dan enak didengar nama Ratu Sikumbang langsung melejit di pasaran.

Tak mudah untuk menemukan penyanyi minang yang sanggup bertahan lama. Dari generasi lawas kita mengenal Bunda Elly Kasim, Tiar Ramon, Zalmon, Asben, dll. (Masa ini masih menggunakan pita kaset). Generasi setelahnya kita mengenal Ody Malik, Ferry Zein, Boy Shandy, Anroy, Ria Amelia, Agus Taher dll, yang mulai beranjak dari pita kaset ke teknologi digital (VCD).

Industri musik zaman sekarang sudah memasuki era digital, mulai dari proses rekaman, hasil rekaman dan publikasi. Warna musik yang dihasilkan lebih bervariasi. Diantara generasi tersebut adalah Rayola, Ipank, Elsa Pitaloka, dan salah satu yang paling populer adalah Ratu Sikumbang.

Baca Juga :  Biografi 'Ferry Zein' : Maestro Musik dan Pencipta Lagu Minang

Profil Ratu Sikumbang

Ratu Sikumbang adalah gadih keturunan minang yang lahir dan besar di tanah rantau. Lahir di serang, Banten, 2 April 1994. Penyanyi berumur 23 tahun ini sudah malang melintang di dunia tarik suara dan rajin ikut kompetisi bahkan sejak masa kanak-kanak.

Ratu pernah mengikuti Festival Lomba Seni Siswa Nasinal (FLS2N) semasa kelas 2 SMP. Pada 2011, ia kembali mewakili Banten dalam lomba yang sama. Masa itu ia masih di SMA dan berhasil menghadiahkan Emas untuk Banten.

Selain itu Ratu yang sekilas mirip Princess Syahrini ini juga pernah memenangkan kompetisi di TV Swasta. Ia pernah ikut acara Langsung Beken & Twist and Shot di MNC TV dan meraih juara 2 dan 1. Pernah juga ia bersama girlband-nya yang bernama QUEEN ikut kompetisi Boy & Girlband di SCTV.

Baca Juga :  Syahrul Tarun Yusuf : Musisi Pencipta 300+ Lagu Minang Terpopuler

Lagu Ratu Sikumbang

Sejak pertama kali mengorbit pada 2009 silam, sudah ada 20 album lagu minang terpopuler yang diluncurkan. Selama periode tersebut Ratu sudah 4 kali berganti label rekaman. Album bergenre pop minang, dangdut dan slow rock langsung mendapat tempat di hati masyarakat. Bahkan para penggemar ratu membentuk komunitas bernama Queen Lover

Semua album Ratu booming  di pasaran, banyak lagunya yang kemudian menjadi populer. Diantara lagu minang (versi Ratu Sikumbang) yang populer tersebut adalah : Pulanglah UdaCinto Babagi Duo, Sayang tak Sudah, Mati Raso, Nyao Pulang ka Badan, Takicuah di Nan Tarang, Rindu di Hati, Maulang Sayang, Kawin Sadarah,  Aia Mato MandehTirai Palaminan, Marawa dan masih banyak lagi.

DI era digital ini banyak yang menyimpan dan mendengar lagu Ratu Sikumbang dalam versi digital (MP3), ataupun format video (MP4) lewat situs video YouTube. Sebagai prototype boleh saja, tapi untuk beli, silahkan beli CD dan Kaset Original.

Comments

comments

Share.

About Author

Undergraduated Student of University of Indonesia. Gadih Minang asli. Lahia di Ranah Minang & Gadang jo Samba Randang. Hoby Menari Minang, Menyanyi Lagu Minang dan Terutama Makanan Minang :D

Comments are closed.