Asal Muasal dan Cara ke ‘Pulau Setan’ di Kawasan Mandeh

0

Pulau Setan masih terletak dalam kawasan Mandeh. Primadona wisata di Pesisir Selatan itu memang tengah menjadi trend dan banyak dikunjungi. Selain deretan pantainya yang eksotis, gugusan kepulauan ini tentunya menjadi tema baru bagi para wisatawan. Berpindah dari satu pulau ke pulau dengan lain degan perahu, dan bahkan bisa camping di pulau.

Berbicara tentang Kawasan Wisata Mandeh, biasanya wisatawan akan memilih mengunjungi pulau yang sudah well known seperti Pulau Pasumpahan, Pulau CIngkuak, Pulau Cubadak, Pulau Pagang dll. Meskipun nama Pulau Setan belum setenar wisata pulau lainnya, pulau ini juga memiliki pemandangan eksotis.

Asal Muasal Pulau Setan

Sekilas, nama pulau ini memberikan kesan angker dan misterius. Namun jangan sangka disini adalah tempat yang banyak hantu, bekas bungker penjajah atau hal horor lainnya yang anda bayangkan.

Menurut pengakuan guide setempat, pulau ini dahulunya bernama Pulau Sultan. Diceritakan bahwa dahulunya pulau ini adalah tempat favorit penguasa setempat untuk berlibur dan mengasingkan diri. Lalu lama kelamaan, pelafalan Pulau Sultan berubah menjadi Pulau Setan.

Cara Ke Pulau Setan

Pulau setan memiliki akses yang mudah dijangkau. Untuk mencapai pulau ini, biasanya pengunjung menyewa perahu. Dari kota Padang menempuh pejalanan darat ke Pesisir Selatan, tepatnya di Carocok, Tarusan. Dari TPI (Tempat Pelelangan Ikan) diteruskan menggunakan perahu nelayan.

Baca Juga :  [Foto] Kecantikan Ranah Minang Tempo Dulu dalam Jepretan Kamera

Harga yang dipatok untuk sekali perjalanan bisa saja bervariasi. Biasanya harga sewa dihitung untuk sekali perjalanan, kemudian dibagi per-kepala. Sehingga wajar saja, bila makin sedikit isi perahu maka wisatawan harus merogoh kocek lebih. Rata-rata untuk sekali perjalanan mengeluarkan 30 ribu untuk pulang dan pergi.

Pulau setan memiliki hamparan pasir putih dengan laut biru jernih. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin suasana yang hening dan tidak ramai dengan hiruk pikuk manusia. Disini anda bisa mengistirahatkan pikiran sejenak dari ruitinitas harian dan stres pekerjaan.

Anda bisa menghabiskan malam di Pulau Wisata ini, di penginapan lokal ataupun dengan mendirikan tenda sendiri.  Tunggu apalagi, yuk kemasi barang anda dan siap berangkat !

Comments

comments

Share.

About Author

Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D

Comments are closed.