Profil Erison J Kambari. Fotografer kearifan loka minang. Sumber foto facebook Erison J Kambari
Profil Erison J Kambari. Fotografer kearifan loka minang. Sumber foto facebook Erison J Kambari

Profil Erison J Kambari. Juru Foto Kearifan Lokal Minang

Posted on

Erison J Kambari adalah salah satu seniman foto minang yang membingkai frame demi frame keelokan bumi minangkabau. Tak banyak yang tahu kalau beliau dahulunya adalah seorang seniman lukis, kanvas dan pensil. Selain itu juga aktif menulis kreatif di berbagai media.

Memasuki era digital dan sosial media seperti sekarang ini. Karya-karya EJK (Erison J Kambari) semakin banyak digandrungi. Melalui akun sosial media Facebook dan Instagramnya, EJK setiap hari berbagi hasil karya jepretannya yang instagramable.

Dengan pengikut instagram hampir 50ribu orang, EJK kemudian menjadi salah satu preferensi dan kiblat banyak anak muda minang.

Biografi Erison J Kambari

Erison Jamaan Kambari, atau yang lebih dikenal dengan Erison J Kambari atau EJK merupakan putera asli Bukittinggi. Tepatnya di kurai, Pincuran Gauang, Guguak Panjang.

Inisial J di tengah namanya, berasal dari nama ayahnya, Jamaan. Dan nama belakang, Kambari, tak lain berasal dari nama ibunya, Kambariah.

Sebelum menjadi seorang budayawan dengan karya jepretan fotonya yang sangat minangkabau. EJK awalnya merupakan seorang seniman lukis. Kemampuan fotografi justru beliau dapatkan secara otodidak.

Meskipun sejak masih SMA beliau sudah menaruh minat di fotografi. Beliau mulai intens sejak tahun 2000. Hasil jepretannya kemudian menjadi booming dan banyak disukai orang sejak tahun 2008, dimana hasil karyanya dipublikasikan memalui sosial media, Facebook.

Hasil karya EJK yang sangat kental dengan kultur kehidupan di Minangkabau, tidak hanya keelokan alam, tapi juga foto kehidupan ekonomi, sosial budaya.

Diantara banyak hasil jepretannya sudah banyak yang kemudian dijual dan dipamerkan bahkan hingga ke luar negeri. Karyanya pernah dipajang di Washington University, Amerika Serikat dalam pameran Go West Sumatera. Ataupun dalam pameran dalam negeri, seperti dalam pameran Pacu Jawi di Jakarta.

Karya Erison J Kambari

EJK masih aktif untuk berburu foto hingga saat ini. Diantara hasil jepretannya diposting di akun Intagram beliau. Berikut diantara feed Instagram beliau.

Nagari Koto Gadang di Kejauhan

Tiga Wajah, Tiga Ekspresi, Tiga Cerita yang Berbeda

Menggoyang Lidah, Memanjakan Mata

Episode: Kacang Abuih

Warna Warni Alek Nagari

Itu diantara beberapa hasil jepretan beliau yang sangat kaya warna dan makna. Sedap dipandang dna menyejukkan. Membuat hati selalu rindu dengan kampung halaman, Bumi Minangkabau.

Comments

comments

Gravatar Image
Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D