Wisata Sumbar Berkonsep Pemandian yang Wajib Kamu Coba

0

Aktivitas tektonik mengakibatkan Sumatera Barat memiliki banyak objek wisata alam yang sangat cantik. Kontur wilayah berupa bukit dan lembah ini menjadikan banyak tempat wisata eksotis yang wajib dikunjungi. Misalnya lembah harau, ngarai sianok, danau singkarak dan masih banyak lagi.

Salah satu item wisata yang masih jarang diekspos dan dikunjungi wisatawan luar daerah adalah objek wisata pemandian. Destinasi seperti pantai di sepanjang pesisir padang, pariaman dan pesisir selatan tentu sudah sangat umum. Lalu bagaimana dengan objek wisata pemandian alam di sumbar?

Pemandian Tirta Alam – Malibo Anai

Pemandian Tirta Alam

Pemandian Tirta Alam (src: minangtourism.com)

Terletak di kawasan wisata Malibo anai, Kayu Tanam. Pemandian tirta alam ini sesuai namanya, sangat alami. Kolam renang dibuat bertingkat-tingkat dengan lantai berupa batu-batu alam. Selain itu, kawasan pemandian yang ditutupi pohon-pohon rindang menambah kesan alami objek wisata ini.

Pemandian ini terkenal dengan airnya yang jernih alami. Bila anda mengunjungi pemandian tirta alam, disarankan untuk membawa baju ganti dan baju hangat tentunya, karena airnya ampuh membuat anda menggigil kedinginan,, Brrrrrr

Pemandian Lubuak Paraku – Padang

Pemandian Lubuak Paraku

Pemandian Lubuak Paraku (src : kindalnarsis.blogspot)

Pemandian lubuak paraku terletak disela-sela bukit barisan. Untuk mencapai objek wisata pemandian ini dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan, atau 20 km dari Kota Padang arah Kota Solok.

Pemandian dengan sumber air pegunungan, ditambah lagi dengan hijaunya pepohonan disekitarnya yang menyejukkan mata. Pemandian yang masih sangat alami ini bisa dibilang masih perawan, karena memang belum dikelola serius oleh pemerintah setempat.

Baca Juga :  Tak Hanya Gagoan, Berikut 'Wisata Puncak' Yang Jadi Trend di Sumbar

Pemandian Batang Tabik – 50 Kota

Pemandian Batang Tabik

Pemandian Batang Tabik (src: kabardunia.com)

Pemandian yang terletak di Kanagarian Sungai Kamuyang ini sudah lama menjadi primadona di kawasan 50 Kota. Perairan yang jernih sebening kaca, sehingga wajar saja pengunjung bisa merasakan sensasi snorkeling  disini.

Masih dalam kawasan pemandian batang tabk ini terdapat kolam ibu. Airnya juga berasal dari mata air asi pegunungan, saking jernihnya, pengunjung bisa meilihat dengan jelas batu-batu dan ikan yang berenang.

Pemandian Lubuak Bonta – Kayu Tanam

Pemandian Lubuak Bonta

Pemandian Lubuak Bonta (src :ondehmandeh.com)

Lubuak bonta sudah lama menjadi destinasi favorit mandi balimau, menjelang masuknya bulan puasa. Pemandian yang terletak di Kapalo Hilalang, Padang Pariaman ini, selain memiliki area pemandian yang cukup luas. Jernihnya air juga menjadi daya tarik utama pemandian ini.

Selain kolam berair bening kebiruan, disini juga terdapat air terjun mini. Letaknya yang cukup tersembunyi dibalik rindangnya pepohonan tentunya menambah keindahan tempat pemandian ini sendiri.

Pemandian Lubuak Nyarai – Lubuk Alung

Pemandian Lubuak Nyarai

Pemandian Lubuak Nyarai : (src : jalanjalanyuk.com)

Meskipun masih tergolong baru eksis dibanding destinasi wisata lainnya di sumbar, Lubuak Nyarai terbukti memang sangat recomended  untuk dikunjungi. Selain menawarkan bentuk wisata baru, dengan wahana trekking, Lubuak Nyari juga memiliki area pemandian yang rancak bana.

Kolam pemandian yang masih asri dengan muka air berwarna hijau Belum lagi batu-batu alam berukuran besar dan dikelilingi rindangnya pepohonan, semakin membuat betah untuk mandi dna berlama-lama disini.

Baca Juga :  Perayaan 17 Agustus. Yuk Upacara di 3 Gunung Terpopuler Sumbar ini

Pemandian Air Panas Bukik Kili – Solok

Pemandian Air Panas Bukik Kili

Pemandian Air Panas Bukik Kili (src: diindonesiaku.com)

Pemandian bukik kili selalu ramai dikunjungi, tidak hanya menjelang Ramadhan. Karena tak hanya untuk mandi-mandi, tempat ini juga digunakan untuk terapi dan penyembuhan penyakit. Terletak di Nagari Koto Baru, Solok sekitar 55 km dari kota Padang.

Terdapat dua kolam pemandian berukuran 25×25 untuk laki-laki dan perempuan, dipisahkan dengan banguanan permanen. Pemandian ini terletak di kawasan masjid Al-Ikhwan, memiliki sumber mata air dari perut gunung talang, sehingga air panasnya sangat alami dan dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit.

Pemandian Mega Mendung – Padang Panjang

Pemandian Mega Mendung

Pemandian Mega Mendung (src : allevents.in)

Pemandian ini terletak di jalan raya Padang – Padang Panjang, masih disekitar kawasan air tejun lembah anai. Pemandian dengan konsep wisata keluarga ini sangat cocok untuk pengunjung dengan anak-anak. Kolam pemandian dengan aneka wahana ini terletak persis ditepi jalan raya, sehinga sangat mudah diakses.

Air pemandian yang langsung berasal dari batang anai, tentunya sangat jernih, alami dan dingin. Sehingga sangat cocok, setelah puas mandi-mandi makan bersama dengan keluarga.

Comments

comments

Share.

About Author

Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D

Comments are closed.