Berburu Jajanan Buka Puasa, Kunjungi “Pasa Pabukoan” Favorit di Sumatera Barat

0

Memasuki bulan suci Ramadhan 1439H, siapkan plan menu-menu buka puasa yang menyegarkan dan manis, seperti aku,, hahaha

Sumatera barat terkenal dengan kulinernya yang beragam, enak dan unik yang dapat memanjakan lidah para penikmat kuliner. Tidak hanya di Indonesia, bahkan turis-turis manca negara pun sampai rela mengorbankan waktu dan uang untuk bisa mencicipi kuliner Sumatera Barat secara langsung. Nah… karena itu, pastinya di Sumatera Barat pastinya menyediakan menu-menu buka puasa yang tak kalah enaknya. Menu-menu buka puasa yang dapat memanjakan lidah dalam menghiasi Ramadhan kali ini.

Nyarinya dimana?

Waahh… Mencari menu buka puasa di Sumatera Barat sangatlah tidak sulit. Sambil ‘ngabuburit’, menunggu beduk magrib, kita bisa mengunjungi yang namanya ‘Pasa Pabukoan’. Di ‘Pasa Pabukoan’, tersedia banyak menu-menu buka puasa khas Sumatera Barat sehingga kita tidak sulit untuk menemukan buka puasa. Tinggal keliling-keliling di ‘Pasa Pabukoan’, pulang-pulang bawa kantong-kantong berisi cemilan untuk melepaskan dahaga dan lapar saat berbuka puasa. Tapi setiap daerah punya ‘Pasa Pabukoan’-nya sendiri, yang menyediakan kuliner-kuliner khas dan umum untuk buka puasa. Check it out!!

‘Pasa Pabukoan’ Favorit Sumatera Barat

1. ‘Pasa Pabukoan’ di Bukittinggi

‘Pasa Pabukoan’ ini menjual berbagai menu buka puasa, ada yang manis (original) dan ada pula kuliner gurih yang krenyes-krenyes. Pasar ini hanya buka selama bulan Ramadhan dari pukul 16.00 sampai 19.00 WIB, yang digelar di depan Masjid Taqwa di belakang ‘Pasa Ateh’ (Pasar Atas). Pasar ini menyediakan makanan/minuman khas Bukittinggi dan juga makanan/minuman lainnya. Semua makanan dan minuman yang kita inginkan, beli dan dibawa pulang. Penjual di ‘Pasa Pabukoan’ tidak menyediakan tempat untuk duduk dan makan, menjaga ibadah puasa para pembeli dan penjual itu sendiri. (y)

Baca Juga :  Wisata Sumbar Berkonsep Pemandian yang Wajib Kamu Coba

2. ‘Pasa Pabukoan’ di Padang Panjang

‘Pasa Pabukoan’ di kota Padang Panjang berlokasi di Lapangan Anas Karim, ramai dikunjungi masyarakat karena berdekatan dengan pasar kuliner. Pasar tersebut mulai ramai dikunjungi pembeli pada pukul 16.00 sampai menjelang berbuka puasa. Jajanan buka puasa di pasar ini hanya datang sekali dalam setahun, yaitu selama bulan Ramadhan. ‘Pasa Pabukoan’ ini ditempati oleh puluhan pedagang yang menjual menu buka puasa, mulai dari yang kering hingga yang basah, seperti cendol, mi goreng, onde-onde, dan makanan khas Minang lainnya.

3. ‘Pasa Pabukoan’ di Batusangkar

Setiap bulan Ramadhan, fenomena macet di Jalan Soekarno, Batusangkar terulang karena ramainya masyarakat mengunjungi ‘Pasa Pabukoan’. ‘Pasa Pabukoan’ ini tepatnya berlokasi di pasar Batusangkar. Seperti yang telah diketahui bahwa Batusangkar terkenal dengan kulinernya sehingga dengan adanya ‘Pasa Pabukoan’ ini, pengunjung lebih mudah menemukan kuliner-kuliner khas Minang di Batusangkar.

Demikian beberapa ‘Pasa Pabukoan’ rekomendasi untuk kamu penikmat kuliner, memanjakan lidah di bulan Ramadhan.

-Ramadhan Berkah, Berkah Jajanan Buka Puasa-

Sources :

  • prokabar.com/ Tempat Pabukoan Favorit di Sumatera Barat
  • jamgadang04.com/ Pasar Pabukoan, Bulan Ramadhan di Bukittinggi
  • sumbar,antaranews.com/ “Pasa Pabukoan” Padang Panjang Ramai Dikunjungi
  • indonesiaparlemen.com/ Ini Fenomena Bulan Ramadhan di Batusangkar

Comments

comments

Share.

About Author

Hometown Bungo Tanjung, Batipuah, Tanah Datar, Minangkabau; Alumni of Physics, Institut Teknologi Bandung; Dancer of Unit Kesenian Minangkabau (UKM ITB); Demand Planner of PT. Paragon Technology and Innovation

Comments are closed.