Serunya Berwisata Ke Pantai Gandoriah. Primadona di Pesisir Pariaman

0

Pariaman adalah salah satu surganya tempat wisata di Sumatera Barat. Letaknya yang bersisian dengan laut membuat daerah ini memiliki banyak destinasi wisata pantai dan pulau-pulau kecil yang cantik. Siapa yang tidak kenal dengan Pantai Tiram, Pantai Kata, Pulau Angso Duo, Pulau Kasiak. Namun yang paling menjadi primadona adalah Pantai Gandoriah.

Pantai Gandoriah adalah objek wisata yang paling banyak dikunungi. Selain karena pemandangannya yang indah dengan hamparan pasir putihnya, tempat ini juga menjadi pusat event budaya Hoyak Tabuik yang diadakan setiap bulan Muharram dalam kalender Hijriyah (Islam)

Cara ke Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah memiliki letak yang sangat strategis. Selain itu pemerintah setempat juga menyediakan akses yang mudah dijangkau. Pilihan utama untuk mencapai kawasan pantai ini adalah dengan angkutan umum. Namun anda juga bisa ke pantai ini dengan menggukan kereta api wisata yang berhenti tepat di stasiun yang bersebelahan dengan pintu masuk ke pantai tersebut.

Dari kota Padang, anda harus menempuh perjalanan sekitar satu setengah jam atau bila anda berangkat dari Bukittinggi, butuh waktu 2 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai cantik ini.

Kuliner Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah selalu ramai dikunjungi, apalagi pada hari-hari perayan Tabuik. Selain itu, pantai ini menjadi tempat ngabuburit terfavorit di Sumatera Barat. Banyak orang yang betah berlamalama menikmati keindahan pantai hingga terbenam matahari, tentunya sambil ditemani makanan dan camilan khas Pariaman.

Baca Juga :  Padang Mangateh Tetap Buka Untuk Umum. Berikut Cara & Tips ke Sana

Bersantai di pantai yang juga terkenal dengan kisah cinta tragis Putri Gandoriah & Anggun nan Tongga ini tentunya tidak lengkap tanpa es kelapa muda bukan? Disini anda bisa membeli es kelapa yang baru dipetik dari pohonnya. Segarnya es kelapa tentunya sangat cocok mengobati haus, apalagi saat berbuka puasa.

Untuk cemilan tidak usah risau, ada banyak pedagang peyek udang, sala lauak hingga langkitang disini. Kalau peyek dan Sala tentunya sudah sangat akrab bagi anda, kalau Langkitang?

Langkitang adalah makanan khas perariran di sepanjang pesisir pantai Sumatera Barat. Makanan sejenis siput ini biasanya dimasak dengan bumbu rempah yang kuat dan pedas. Cara memakannya juga sangat unik, yaitu dicucuik (dihisap) sampai dagingnya terlepas dari cangkang langkitang.

Panorama Pantai Gandoriah semakin cantik dengan tambahan 6 gugusan pulau kecil di lepas pantai Pariaman ini. Keenam pulau tersebut adalah Pulau Kasiak, Pulau Angso Duo, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosok dan Pulau Bando. 

Bagi anda yang sudah puas dengan Pantai Gandoriah, bisa menyebarang ke pulau-pulau seberangnya dan menikmai indahnya bibir Pantai Gandoriah dari kejauhan.

Comments

comments

Share.

About Author

Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D

Comments are closed.