Jelang Berbuka. Ini Tempat ‘Ngabuburit’ Favorit di Sumatera Barat

0

Tradisi Ngabuburit juga dikenal oleh masyarakat minang. Menjelang berbuka, tak hanya pemuda dan pemudi, banyak keluarga yang sengaja keluar rumah untuk jalan-jalan sore sembari menanti kumandang azan magrib.

Tujuan ngabuburit ada berbagai macam, ada yang hanya sekedar jaan-jalan sore, ada yang berburu takjil, ataupun memang menyengaja untuk berkumpul dan berbuka bersama (bukber) dengan keluarga dan kenalan.

Dimana biasanya masyarakat minang berkumpul saat ngabuburit? Ini tempat ngabuburit Favorit di Sumatera Barat.

Pantai Gandoriah – Pariaman

Pantai Gandoriah -Pariaman

Pantai Gandoriah -Pariaman (src: petualanganpantai.blogspot.com)

Menunggu waktu berbuka sambil menikmati sunset tentunya sangat syahdu bukan? Melihat ketika langit tiba-tiba menjadi kemerahan kemudian menjadi gelap. Selain karena pemandangannya, pantai gandoriah menjadi tempat favorit untuk menunggu berbuka karena disini banyak pilihan makanan untuk berbuka.

Saat waktu magrib tiba, pengunjung tidka perlu jauh-jauh mencari makanan. Pantai ini memang diatur untuk menjadi tempat wisata kuliner. Segarnya Es Kelapa Muda dan cemilan Sala Lauak, tentu sangat nikmat bukan?

Taman Jam Gadang – Bukittinggi

Taman Jam Gadang

Taman Jam Gadang (src: ritaelfianis.com)

Bukittinggi memiliki banyak spot ngabuburit, seperti Panorama Sianok, Taman selfie Ngarai Maaram, namun yang paling favorit tetap pelataran Taman Jam Gadang. Selain karena kemudahan untuk mencari takjil, akses untuk tempat ibadah (mesjid) juga sangat mudah dari Jam Gadang.

Menjelang berbuka, banyak yang berfoto-foto di depan jam berukuran raksasa tersebut, ataupun hanya duduk-duduk memandangi riuhnya kota wisata, Bukittinggi. Tua, muda dan anak-anak berkumpul disini sambil menunggu bedug magrib sambil sesekali memesan jajanan khas Jam Gadang. Kerupuk kuah mie, sate, aia aka dan aneka pilihan takjil lainnya.

Baca Juga :  View Maninjau yang Memukau dari Puncak Lawang dan Kelok 44

Monumen Merpati Perdamaian – Padang

Taman Muaro Lasak

Taman Muaro Lasak (src: fatiharrazka.com)

Monumen yang terletak di Pantai Muaro Lasak ini memang destinasi baru di Sumbar. Tugu yang diresmikan sejak april 2016 ini langsung menjadi trend dan ramai dikunjungi. Kehadiran ruang terbuka ini menjadi destinasi baru dan sekaligus favorit.

Sebelumnya masyarakat Padang punya pilihan lain untuk ngabuburit seberti Taman Tugu Padang Area, ataupun sekedar duduk-duduk di sepanjang Pantai Padang.

Pasa Pabukoan – Sumbar

Los Lambuang Pasa Bukittinggi

Los Lambuang Pasa Bukittinggi (src : harian singgalang.co.id)

Tempat paling favoroit untuk dikunjungi menjelang waktu berbuka adalah Pasa Pabukoan. Pasar yang khusus menjual aneka takjil ini selain bisa membuat lapar perut, tapi juga membuat lapar mata.

Pasa Pabukoan biasanya hampir dapat ditemui di setiap sudut kota di sumatera barat. Aneka jajanan dan kuliner khas minang dijajakan. Aneka miuman segar seperti : Es Cendol, Es Timun Serut, Es Timun Suri, sampai aneka jajanan seperti gorengan, pergedel jagung, sala lauak, nagasari, serabi, kolak, lamang tapai, dll.

Pulang dari sini biasanya menenteng banyak belajaan. Minuman, takjil hingga makanan besar seperti ayam bakar, sate, soto, itik lado ijau dll. Sebelum berbuka nampak bahwa semuanya akan habis dimakan, begitu berbuka, bahkan baru segelas air sudah kenyang. Puasa memang sering membuat lapar mata ya 🙂

Comments

comments

Share.

About Author

Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D

Comments are closed.