Minang Culture Festival Siap ‘Guncang’ Ibukota April 2018

0

22 April 2018 publik dan perantau ibukota (Jakarta) akan diguncang dengan beragam pertunjukan budaya minang. Rangkaian kegiatan yang terangkum dalam pertunjukan sendratasik (seni drama, tari dan musik) bertajuk Minang Culture Festival ini tentunya akan sangat ditunggu-tunggu oleh perantau minang yang kangen dengan suasana khas kampung halaman.

Setelah sukses memancangkan Marawa di tanah ibukota pada event MCF 2017, Minang Culture Festival siap untuk “maoyak” Taman Ismail Marzuki kembali tahun ini dengan mengangkat tema “Minang Taguah Tarago Alek, Kampuang Jauah Taraso Dakek”.

Acara yang diinisiasi oleh Ikatan Alumni Minangkabau Universitas Indonesia (IMAMI UI) ini diadakan tidak hanya untuk menfasilitasi para perantau Minangkabau se-Jabodetabek untuk melepas rasa rindu dengan kampung halaman, tetapi juga untuk para pecinta seni dan kebudayaan Indonesia untuk menikmati suguhan keindahan kebudayaan dan kesenian dari bumi Minangkabau, seperti seni tari, seni musik, drama tradisional, makanan khas, serta pakaian adat.

Official Teaser

Official teaser Minang Culture Festival 2018 bisa dilihat di kanal youtube resmi kami Wonderful Minangkabau.

Rangkaian Event Minang Culture Festival 2018

1. Lomba Fotografi

Sebagai salah satu media penunjang terwujudnya tujuan dari acara MCF 2018, yaitu pelestarian budaya dan peningkatan perhatian dalam kekayaan potensi wisata alam, diadakanlah lomba fotografi yang bertemakan, “Potensi Wisata Alam dan Budaya Sumatera Barat”.

Lomba ini telah diadakan semenjak 20/01/2018 sampai dengan 03/02/2018. Pemenang dari lomba tersebut akan ditentukan oleh juri dan diumumkan pada tanggal 17/02/2018 melalui akun media sosial MCF 2018. Pemenang dari lomba tersebut dihadiahi berupa uang tunai dari MCF 2018.

2. Lomba Cover Lagu Minang

Selain Lomba Fotografi, juga telah diadakan Lomba Cover Lagu Minang, yaitu lomba yang diadakan untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat untuk kembali mencintai lagu-lagu nusantara, khususnya di sini lagu Minang, dengan cara menyanyikan kembali lagu Minang yang pernah dirilis secara komersial.

Lomba tersebut telah diadakan pada tanggal 25/11/2017 dan pengumuman pemenangnya pada tanggal 02/12/2017 melalui akun media sosial MCF 2018. Pemenang dari lomba tersebut dihadiahi berupa uang tunai dari MCF 2018.

3. Pre-Event

Selain mengadakan lomba-lomba, MCF 2018 juga menginisiasi acara utama dengan pre-event yang diadakan berupa roadshow dengan menampilkan potongan-potongan penampilan yang akan dipertunjukkan pada acara utama MCF 2018.

Pre-event tersebut diadakan dua kali, pertama pada tanggal 03/03/2018 di Blok B Tanah Abang dan kedua diadakan pada tanggal 17/03/2018 di Rotunda Universitas Indonesia.

4. Main Event

Sebagai acara puncak pada MCF 2018 adalah main event berupa bazaar dan pertunjukkan/pagelaran seni Minangkabau, yang akan diadakan pada tanggak 22/04/2018 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Acara bazaar akan diisi dengan pameran makanan khas Minangkabau dan pakaian adat, serta pameran foto, sebagai pembuka acara puncak MCF 2018. Bazaar akan dibuka mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, pertunjukkan/pagelaran seni, sebagai acara puncak MCF 2018, yang akan dilangsungkan secara indoor mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB, mulai open gate pada pukul 17.00 WIB. Acara puncak ini akan diisi dengan penampilan tari-tarian, live musik tradisional Minangkabau, serta randai dan teater Gala Balabuah. Siao-siaplah untuk terpikau oleh keindahan kebudayaan dan kesenian dari Bumi Minangkabau dalam setiap rangkaian acara :

Pemesanan Tiket

Tiket main event dapat dipesan secara online di goersapp.com. Tiket bisa dibeli secara online dan ditukarkan dengan tiket fisik pada hari H.

-MCF 2018- “Minang Taguah Tarago Alek, Kampuang Jauah Taraso Dakek”

Comments

comments

Share.

About Author

Hometown Bungo Tanjung, Batipuah, Tanah Datar, Minangkabau; Alumni of Physics, Institut Teknologi Bandung; Dancer of Unit Kesenian Minangkabau (UKM ITB); Demand Planner of PT. Paragon Technology and Innovation

Comments are closed.