Tak Hanya Gagoan, Berikut ‘Wisata Puncak’ Yang Jadi Trend di Sumbar

0

Puncak Gagoan atau juga lebih akrab dikenal dengan sandiang gagoan  ini menjadi trend untuk tempat berfoto sejak beberap tahun silam. Selain karena menjanjikan top view (Pemandangan dari atas) yang sangat cantik, tentunya area wisata ini memiliki keunikan tersendiri.

Gagoan atau ‘gagok’ (gagap) sendiri dinamakan karena medannya berupa bukit karang yang tinggi dan tajam, sekitar 400-600 mdpl, sehingga wajar saja membuat pengunjung gagok/gagap/gamang.

Selain gagaoan, yang menjadi andalan kota solok ini,  ada banyak destinasi wisata lain di sumatera barat yang tidak kalah cantik akan pemandangan top view nya. Apa saja?

Puncak Lawang

Puncak Lawang (src : triptrus.com)

Puncak lawang sudah tersohor bahkan sejak jaman penjajahan. Kawasan ini dulunya adalah tempat rehat para pejabat belanda. Sekarang puncak lawang dibuka menjadi area wisata umum. Selain dimanjakan dengan pemandangan cantiknya danau mainjau, disini juga menyediakan fasilitas untuk olehraga paralayang. Tempatnya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Bukittinggi (lebih kurang 27 km) membuatnya menjadi primadona utama pariwisata agam.

Puncak Pato

Puncak Pato (Src : media.viva.co.id)

Terpaut sekitar 17 km dari Pusat Kota Batusangkar, tepatnya di desa Batu Bulek, Lintau Buo menjadikannya seperti mutiara yang terpendam. Puncak pato memang belum setenar panorama tabek patah dan spot lain di Tanah Datar. Dikelilingi oleh hutan pinus dan pemandangan ciamik sejauh mata memandang menjadi daya tarik utama puncak ini. Selain itu jangan lewatkan monumen Perjanjian Sumpah Sati Bukik Marapalam. Bangunan tersebut adalah bukti sejarah ditegakkannya Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Minangkabau.

Puncak Anai

Puncak Anai ( Src : bp.blogspot.com)

Tentu anda sudah sangat akrab dengan air terjun lembah anai di batas kota padang panjang dan padang pariaman. Ataupun pemandian tirta alam malibo anai. Tak jauh dari keduanya terdapat area wisata puncak anai. Pemandangan berupa hutan yang hijau dan sejuk, serta ditambah view pantai pariaman didepan mata tentu sangat cantik untuk berfoto bukan? Selain itu juga terdapat kolam dengan air mancur serta lapangan golf, serta resort bagi anda yang ingin menginap di keasrian alam Padang Pariaman ini.

Puncak Aripan

Puncak Aripan ( Src : bp.blogspot.com)

Bila anda penasaran dengan tempat yang viral di sumbar, berupa rumah pohon dengan background birunya danau. Jawabannya adalah Puncak Gobah , atau dikenal juga dengan nama aripan sesuia dengan nama nagarinya. Keindahan Panorama Puncak Gobah menyuguhkan panorama yang menakjubkan dengan hamparan persawahan dan kawasan pesisir bagian selatan Danau singkarak. Di lokasi ini juga dilengkapi dengan rumah pohon dan taman bunga yang menambah keelokkan tempat wisata ini dan pastinya sangat instagramable bukan?

Puncak Mandeh

Puncak Mandeh (Src : bp.blogspot.com)

Terkenal sebagi raja ampat di pesisir barat indonesia, sekiranya memang pantas disematkan kepada area wisata ini. Terletak di koto XI Tarusan, pesisir selatan, Puncak mandeh menjadi primadona paling diunggulkan, pasalnya disekelilingnya terdapat pulau-pulau eksotis yang sangat cantik. Berada di puncak mandeh dengan view birunya lautan lepas. Serta pulau-pulau eksotis disekitarnya yang menunggu dikunjungi. Tentunya sangat cantik bukan?

Baca Juga :  'Lembah Harau' : Objek Wisata Alam dan Budaya di Payakumbuh

Selain destinasi tersebut, masih banyak kawasan wisata puncak yang wajib anda kunjungi di sumatera barat seperti Puncak Bendera, Puncak Langkisau di pesisir selatan, atau Puncak Cemara di Sawahlunto, Puncak Payo Rapuih di Batipuh. Tunggu apalagi, siapa bilang wisata ke puncak hanya milik orang jakarta. Punya sumbar lebih cantik dan Instagramable 😀

Comments

comments

Share.

About Author

Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D

Comments are closed.