Selain Sate Syukur, Ini Kuliner Yang Harus Anda Coba di Padang Panjang

0

Sate Mak Syukur memang sudah melegenda dihati penikmat wisatawan dan lidah penikmat sate. Wisata ke padang panjang serasa belum lengkap bila tidak singgah menikmati sepiring sate dengan kuah masih mengepul ini. Kondisi alam yang dingin, sangat cocok dengan menu hidangan sate, yang tidak hanya daging bahkan ada sate lidah, usus dan Jantung. Menggoda bukan?

Selain sate Syukur ini, kota kecil padang panjang ternyata memiliki menu kuliner yang harus anda coba. Sangat sayang bila tidak mampir dan mencicipi.

  • Pergedel Jagung 

Olahan jagung ini sangat khas di Padang panjang, pergedel yang dibungkus plastik kecil-kecil ini sudah sangat akrab bagi pelancong. Spot utama yang menjual pergedel jagung ini adalah di rest area  sekitaran Lembah Anai. Perjalanan panjang dari padang atau pun menuju Padang biasanya menjadikan lembah anai sebagai tempat istirahat favorit, sambil melemaskan otot sambil makan cemilan pergedel jagung yang masih hangat. Bahkan kudapan ini terkenal karena memang selalu dijual dalam keadaan hangat. Bahkan ada pameo nya “cinto uda ka adiak saroman paragede padang panjang. Angek Taruih” (CInta ku ke kamu seperti pergedel ini. hangat terus’

  • Rumah Makan Pak Datuak

Dari lembah anai kita bergerak memasuki kota padang panjang, tepatnya di Silaing Bawah. Rumah makan pak datuk berdiri tepat diseberang SPBU silaing. Kenikmatan Nasi Pak Datuak sudah terkenal dimana-mana, terutama bagi para perantau. Banyak yang menyegaja datang untuk melepas penasaran dengan kelezatan yang lama dirindukan. Menu nya sama dengan rumah makan kebanyakan, namun yang membuat usaha turun temurun ini masih tetap jaya sampai sekarang adalah karena kekayaan rasa dan bumbu masak. Sehingga soal rasa, membuat kangen untuk datang lagi.

  • Bofet Gumarang
Baca Juga :  'Kacimuih' : Kuliner Legendaris Minang yang Kian Susah Ditemukan

Terletak di pusat kota padang panjang, berada di Jantung pasar padang panjang tepatnya di depan terminal angkutan kota. Spot ini menjadi tempat favorit muda-mudi dan kumpul keluarga. Tempatnya yang nyaman dan menu beragam ini menjadi alasan utama Bofet Gumarang selalu ramai dikunjungi.

Selain menu maskan padang, yang terkenal dari bofet ini adalah gado-gado dan mi rebus khas minang. Mi rebus dengan kuah kental dan rasa yang kuat, serta mi kuning berukuran lebih lebar, sangat berbeda dengan mi instan pada umumnya. Selain itu ampiang dadiah dan teh talua adalah menu andalan disini.

  • Kubang ‘Apuak’

Bagi anda yang mengidam martabak mesir disinilah tempatnya, terletak tak jauh dari bofet Gumarang. Kubang apuak terkenal dengan menu martabak mesir serta teh talua. Sangat cocok untuk cemilan di malam hari. Bila anda ingin makanan yang lebih berat, pesan saja nasi goreng. Dingin dingin padang panjang tentu akan lebih nikmat bukan.

  • Ampera Tanpa Nama

Bagi anda yang sampai lewat malam di kota nan dingin ini. Singgahlah ke pasar malam, anda bisa mengisi perut kosong di Ampera Tanpa Nama. Menu masakan ‘rumahan’  bisa anda temui disini, dengan bumbu tidak begitu kuat namun rasa tetap nikmat. Membuat anda serasa makan di rumah sendiri.

Itu beberapa spot makan favorit di padang panjang, bila anda berkunjung jangan lupa untuk juga mengunjungi pasar malam, pusatnya makanan. Atau bila anda melewatkan wisata kuliner di padang panjang, masih ada tempat makan recomended  seperti Rumah Makan Aia Badarun dan Samba Lado.

Baca Juga :  Nyari 'Pabukoan'? Ini Kuliner Minang Terfavorit Untuk Berbuka

Comments

comments

Share.

About Author

Undergraduated Student of University of Indonesia. Gadih Minang asli. Lahia di Ranah Minang & Gadang jo Samba Randang. Hoby Menari Minang, Menyanyi Lagu Minang dan Terutama Makanan Minang :D

Comments are closed.