Camilan Lebaran yang ‘Wajib’ Ada di Setiap Rumah di Minangkabau

0

Ngomong-ngomong lebaran, yang terlintas di benak kita pastinya ketupat gulai, kue mentega, THR dan baju baru… hahaha

Bagaimana dengan camilan lebaran yang sering ada di rumah? Cookies? Kue mentega? Kue bolu? atau tidak ada camilan? TERLALU!! wkwkwk

Di Minangkabau, ada beberapa camilan lebaran yang wajib ada di meja tamu untuk dihidangkan, salah satunya ‘Kacang Tojin’.

Kenapa ‘Kacang Tojin’?

‘Kacang tojin’ dibuat dari kacang tanah biasa, yang digoreng dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih goreng dan garam. Kenapa harus ‘Kacang tojin’? Karena ‘Kacang tojin’ memiliki rasa yang gurih dan khas sehingga disenangi oleh masyarakat di Minangkabau. Saat bersilaturrahmi ke rumah tetangga, karib kerabat, orang-orang Minangkabau senang mengunyah ‘kacang tojin’ sambil bercengkrama di ruang tamu. Maka dari itu, ‘kacang tojin’ ini menjadi salah satu camilan wajib saat lebaran datang di Minangkabau.

Apa rahasia renyah dan gurihnya ‘kacang tojin’ ya?

Menurut testimoni orang-orang yang sudah mencoba ‘kacang tojin’ ini mengatakan, bahwa kacangnya gurih dan renyah. Kalau sudah mulai mengunyah ‘kacang tojin’, mulut nggak mau berhenti mengunyah dan tangan tidak bisa mengeruk tumpukan kacang yang gurih ini. Tanpa ‘kacang tojin’, suasana lebaran terasa hampa. Kacang yang biasa digunakan juga merupakan kacang kampung yang ukurannya relatif kecil.

Kacang tanah, yang masih dilapisi kulit ari, sebelum diberi garam, bawang putih dan digoreng harus direndam dengan air panas dulu. Diamkan sampai air rendamannya agak dingin, panas di ujung kuku. Lalu ibu dan anak-anak bekerja sama untuk mengupas kulit ari dari kacang tanah, pisahkan ke wadah lain. Merendam kacang tanah ini bertujuan agar kacang lebih gurih dan renyah saat dikunyah. Setelah selesai menguliti kacang, kacang dilumuri dengan garam dan bawang putih giling secukupnya. Boleh juga ditambah dengan bumbu lain seperti seledri dan bawang merah yang digoreng terpisah.

Baca Juga :  'Bilih Singkarak' : Ikon Wisata Kuliner Halal Sumatera Barat

Panaskan minyak goreng di kuali, diperkirakan kacang yang digoreng akan terendam dalam jumlah banyak. Setelah minyak panas, goreng kacang sampai warna agak coklat keemasan. Setelah matang, dinginkan dan taburkan seledri dan bawang goreng sesuai selera. Lalu simpan dalam toples yang rapat, agar kacang tidak layu.

-Tanpa ‘Kacang Tojin’, Hampa Lebaran Terasa-

Source :

  • ramadhan.antaranews.com/ Kacang Tojin, Camilan Wajib Saat Lebaran di Sumatera Barat

Comments

comments

Share.

About Author

Hometown Bungo Tanjung, Batipuah, Tanah Datar, Minangkabau; Alumni of Physics, Institut Teknologi Bandung; Dancer of Unit Kesenian Minangkabau (UKM ITB); Demand Planner of PT. Paragon Technology and Innovation

Comments are closed.