Gunung Talamau : Cantiknya Pesona 13 Telaga & Air Terjun Lenggo Geni

0

Gunung Talamau adalah gunung tertinggi di Sumatera Barat. Dengan ketinggian 2912 mdpl ini tentunya menjanjikan keunikan tersendiri bagi para pendaki. Hal ini terbukti dengan banyaknya beredar kabar miring tentang keangkeran dan hal mistis yang ada di gunung initidak menyurutkan langkah para pendaki.

Biasanya, tujuan pendakian utama di Sumatera Barat adalah Gunung Marapi (2891 mdpl), Gunung Singgalang (2877 mdpl), dan Gunung Talang (2597 mdpl). Ketiganya seringkali menjadi tujuan ekspedisi utama para pendaki, kemudian disusul dengan Gunung Tandikek (2438 mdpl). 

Namun bagi anda, para pendaki yang ingin suasana berbeda dan lebih menantang, Gunung Talamau adalah pilihan yang tepat. Tak hanya tantangan menalukan puncak tertinggi di Sumatera Barat ini, tapi juga keindahan 13 Telaga dan Air Terjun Lenggo Geni sebagai nilai tambahnya.

Cara ke Gunung Talamau

Objek Wisata Gunung Talamau berada tepatnya di Kabupaten Pasaman Barat. Ada banyak jalur untuk mencapai puncak tertinggi tersebut, diantaranya bisa melalui Jalur Malapah- Pasaman Timur, Jalur Desa Durian Kandang aia Maruek, namun yang paling umum dan utama adalah via Desa Pinaga.

Desa Pinaga adalah pintu masuk utama ke Gunung Talamau. Pendakian hingga puncak membutuhkan waktu sekitar 12 jam perjalanan. Selama perjalanan, pendaki akan

Air Terjun Puti Lenggo Geni

Air Terjun Puti Lenggo Geni (src : hipwee.com)

melewati satu persatu objek wisata yang menjadi ciri khas Gunung tertinggi di Sumatera Barat tersebut.

Baca Juga :  Pesona Danau Singkarak dan Event Balap Sepeda Internasional

Yang pertama sekali, pendaki akan menemukan Air Terjun Lenggo Geni, tepatnya di Bukit Harimau Champo (710 mdpl). Setelahnya pendaki akan sampai di Bukit Saribu Bunyian dan Pondok Rindu Alam (1100 mdpl), Pos Bumi Sarasah ( 1860 mdpl) dan Pos Paninjauan. Pada ketinggian 2.750 mdpl, pendaki akan mulai menemukan satu persatu dari 13 Danau yang menjadi ciri khas gunung Talamau.

Gunung Talamau sendir memiliki 3 puncak berbeda. Puncak paling tinggi disebut Puncak Rajo Dewa. Kemudian dibawahnya ada Puncak Rajawali dan sebelumnya ada Puncak Tri Martha. Dari ketinggian, pendaki bisa melihat Puncak Gunung Singgalang, Lubuk Sikaping, view lautan dan sunset (matahari tenggelam).

13 Telaga Gunung Talamau

Ketigabelas telaga berada pada ketinggian 2.750 mdpl. Ada cerita mistis yang beredar diantara penduduk setempat dan juga ramai diantara para pendaki. Konon, pendaki tidak akan bisa menemukan langsung ketigabelas telaga tersebut dalam satu waktu. Biasanya hanya menemukan 6 atau 7 telaga. Bila pendaki sampai menemukan ketigabelas telaga tersebut, dipercaya ia tidak akan bisa turun dari gunung. Karena dirinya sudah diperdaya oleh jin.

Berikut ketiga belas telaga yang diberi nama berdasar cerita dan legenda penduduk setempat.

  1. Talago Biru.
  2. Talago Buluah Parindu.
  3. Talago Cindua Mato.
  4. Talago Imbang Langik.
  5. Talago Lumuik.
  6. Talago Mandeh Rubiah.
  7. Talago Puti Bungsu.
  8. Talago Puti Sangka Bulan.
  9. Talago Rajo Dewa.
  10. Talago Satwa.
  11. Talago Siuntuang Sudah.
  12. Talago Tapian Puti Mambang Surau.
  13. Talago Tapian Sutan Bagindo.
Baca Juga :  Hal yang Membuat Betah di Panorama Ngarai Sianok nan Elok

Air Terjun Puti Lenggo Geni

Air Terjun Puti Lenggo Geni

Air Terjun Puti Lenggo Geni

Air terjun Puti Lenggo Geni ini terletak di Bukit Harimau Champo. Untuk mencapai air terjun dengan tinggi lebih dari100 meter ini dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan dari pintu masuk Desa Pinanga. Selain keindahan alam sekitarnya yang masih sangat hijau dan alami, air disini juga sangat jernih, dingin dan cocok untuk mandi-mandi.

Cerita Mistis Gunung Talamau

Selain cerita rakyat yang menjadi legenda di Gunung ini, juga banyak terdapat cerita cerita dan pengalaman mistis yang dialami pendaki. Cerita yang paling tersohor tentunya akan keberadaan 13 danau yang tidak bisa ditemukan sekaligus dalam satu waktu.

Selain itu banyak juga yang mempercayai gunung talamau adalah tempat pesugihan. Banyak pemuda lemah iman yang mempercayai tempat ini memiliki banyak penunggu dan jin mistis. Diantara mereka banyak yang meminta wangsit untuk judi bete (togel).

Terlepas dari benar atau tidaknya cerita tersebut kita tetap harus menjaga kelestarian alam sekitar. Tidak mencemari ingkungan dan sumber perairan, baik itu dengan sampah maupun limbah yang tidak ramah lingkungan.

So, tunggu apalagi? rencanakan sekarang dan kemasi carrier  anda saat ini juga 😀 Salam Pencinta Alam.

Comments

comments

Share.

About Author

Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D

Comments are closed.