Selain Cantik, Ini Alasan ‘Gadih Minang’ Adalah Calon Menantu Idaman

0

Gadih Minang termasuk dalam deretan atas perempuan cantik di Indonesia. Wajar saja banyak yang suka kesengsem dengan senyum gadis-gadis minang. Banyak pemuda yang lupa diri dan ingin cepat-cepat bisa menafkahi.

Selain keelokan parasnya, ternyata ada hal lain yang membuat pesona gadih minang sukses memikat hati para pemuda. Apa saja? Berikut alasan gadih minang adalah calon menantu ideal.

  • Faktor Agama

Rahasia kecantikan gadih minang ternyata berasal dari dalam. Kelurusan agamanya menjadi hal utama yang menjadikan calon mertua tak akan pikir panjang untuk menerima gadis tersebut menjadi menantu. Sebagai orang minag yang berpegang teguh pada adat basandi syarak tentu gadih tersebut wajib menjalankan syariat agama (islam) secara benar.

  • Baik Budi 

Tata krama gadih minang dijaga dengan baik. Aturan adat tak tertulis menjadi pegangan yang harus dijalankan oleh perempuan minang. Melanggar etika dan norma, maka gadih minang tersebut akan dianggap Sumbang, sehingga akan membuat malu keluarga besar si perempuan. Aturan adat terseut secara tidak langsung menghasilkan perempuan minang yang baik budi dan tau tata krama. Sangat menantu-able sekali bukan?

  • Pintar dan Pemberani

Tentu kita tidak asing lagi dengan tokoh besar asal minang seperti Fatmawati Sukarno, Moh Hatta, Buya Hamkadan tokoh besar lain yang lahir dari rahim seorang perempuan minang. Kecerdasan seorang ibu dalam mendidik dan mengajar anaknya tentu akan menciptakan madrasah pertama dan utama bagi anaknya. Sehingga wajar kemudian muncul generasi yang kuat, pemberani serta cerdas.

Baca Juga :  Meme Minang Lucu Untuk Melestarikan 'Pepatah' Yang Hampir Punah

  • Limpapeh Rumah Gadang

Digambarkan bahwa gadih minang bagai selendang dunia, limpapeh rumah gadang. Sebagai orang yang bertanggung jawab utama dalam keberlangsugan kehidupan di dalam rumah tangga. Gadih minang sebagai calon Bundo Kanduang haruslah paham mengurusi tak hanya ekonomi (mengatur pemasukan dan pengeluaran), tapi juga agama, adat dan kebudayaan di rumah. Terutama bagi anak-anak mereka kelak. Sosok Calon Ibu Ideal  ini yang kemudian membuat gadis minang itu sesuatu banget  untuk dipersistri.

  • Jago Masak

Rendangnya saja bikin ketagihan, apalagi perempuan minangnya, tentu membuat kangen bukan? Kepintaran memasak tetulah penting untuk menjaga keberlangsungan kehidupan di rumah. Di tangan perempuan minang ini nati akan tercipta masakan terlezat semacam rendang, dendeng, dll yang tentunya menjamin suami dan anak betah makan di rumah.

  • Perempuan Minang itu Tangguh, Namun tetap bisa Lemah Lembut

“Bajalan si Ganjua Lalai

Pado Pai suruik nan labiah

Alu tataruang patah tigo

samuik dipijak indak mati”

Kurang tangguh apalagi coba? Bila sudah terniat dalam hati, apapun halangan yang menghadang akan ditumbas, digambarkan dengan Alu yang mengahalangi sampai patah tiga. Tetapi dilain hal, Gadih minang haruslah mampu bertingkah lemah lembut. Bahkan saking lembutnya semut yang terinjak tidak mati.

Bagaimana? masih butuh alasan lain untuk mengangkat perempuan minang menjadi menantu? Gadih Minang sudah terbukti kuat secara agama, akal budi, dan berkarakter keibuan.

Baca Juga :  Lucunya Saat Budaya 'Parahyangan' Bertemu Adat 'Pariangan'

Comments

comments

Share.

About Author

Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D

Comments are closed.