“Surau dan Silek” : Sebuah Pesan Untuk Orang Minangkabau

0

Shalat, salawat dan silek ketiganya harus seiiring sejalan, tidak ada yang bisa ditinggalkan. Itu pesan pertama yang coba disampaikan oleh sineas Arief Malinmudo melalu filmberjudul Surau dan Silek. Melalui film beliau ingin untuk mengingatkan kembali adat minang nan mulai punah tergerus zaman.

Film yang tayang sejak tanggal 27 april lalu ini mengangkat tema kehidupan dan budaya Minangkabau. Film ini mengambil latar di beberapa tempat di Bukittingi dan Kabupaten Agam, serta wilayah yogyakarta.

Sinopsis Surau dan Silek

Bercerita tentang Rustam, seorang pemuda yang ingin mencari jati diriya. Untuk itu ia memutuskan untuk pergi merantau layaknya bujang seusianya. Rustam terus berkelana untuk menemukan jawaban tentang dirinya, kemudian kehidupannya berhenti sejenak untuk menjadi guru silat.

Dalam film bertajuk Surau dan Silek ini kemudian Rustam diceritakan bagaimana ia kemudian melatih silat 3 orang anak Sekolah Dasar. Beda usia yang cukup jauh kemudian membuat kontradiksi dalam film ini. Bagaimana silat dalam persepsi bocah yang baru berumur 11 tahun.

Official Teaser Surau dan Silek

Selain mengajarkan tentang silat, Rustam memiliki tanggung jawab untuk melestarikan Budaya Minang. Karena Silek tak hanya sebatas beladiri, tapi juga sarat akan nilai filosofi adat dan kebudayaan Minang. Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Karena itulah 3 hal yang kemudian sangat ditekankan Rustam kepada anak didik persilatannya, Shalat, salawat, silek.

Baca Juga :  Sinopsis & Review Cerita 'Siti Nurbaya' dari Novel Karya Marah Rusli

Bintang Film Surau dan Silek

Film ini sendiri dibintangi beberapa artis nasional seperti Gilang Dirga  yang berperan menjadi Rustam. Lalu ada Dewi IrawanAhmad Tarmimi Siregar, Komo Ricky, Pras Teguh, dan banyak bintang lainnya.

Kehadiran film ini dharapkan mampu untuk membudayakan kembali adat minang. Serta sebagai tonggak kebangkitan sineas berbakat berdarah minang untuk memproduksi film komersil tingkat Nasional maupun di Internasional.

Gala Premier dan Nonton Bareng

Film yang kental akan budaya minang ini akan tayang di bioskop mulai 27 April 2017. Berikut daftar bioskop penayang film ini.

Kota Bioskop Penanyang
Medan XXI Suzuya Plaza & XXI Thamrin
Padang XXI Plaza Andalas & Raya Theatre
Pekanbaru XXI CIputra Seraya & Holiday 88
Batam CGV Kepri Mall & XXI BCS & XXI Studio
Jambi CINEMAG Lippo Plaza & XXI WTC Willtop
Palembang XXI Internasional XXI OPI Mall
Bengkulu XXI Mega & XXI Bencoolen
Lampung XXI Boemi Kedaton
Jakarta CGV SLipi Jaya & XXI Blok M Square & XXI Bassura City
Tangerang CGV Eco Plaza Cikupa & Cinemaxx Lippo Village
Bekasi CGV Bekasi Cyber Park & XXI Mega Bekasi
Bandung CGV Miko Mall
Yogyakarta CGV Sahid Jwalk
Balikpapan CGV Plaza Balikpapan
BauBau CINEMAXX Plaza Buton

Link Download Surau dan Silek

Keberhasilan film ini terbukti dengan capaian jumlah penonton menembus angka 60.000 orang. Keterbatasan bioskop penayang (hanya di bioskop tertentu) membuat banyak orang yang penasaran dan mencari link download film dan silek.

Baca Juga :  Sinopsis, Review dan Pesan Moral Cerita 'Kaba Sabai nan Aluih'

Untuk saat ini belum ada publikasi digital dari film yang sangat kental dengan budaya minang tersebut. Belum ada rilis resmi mengenai jual beli secara digital. Bisa saja sistemnya dengan menagadakan Nonton Bareng, seperti film Salisiah Adaik, ataupun diproduksi dalam bentuk digital (kaset DVD)

Tetap support karya anak bangsa, dengan menonton film asli. Stop membeli karya bajakan, apalagi downoad gratis.

Comments

comments

Share.

About Author

Gadih minang tulen, meskipun lahir dan besar di Jakarta. Menyukai liburan ke tempat wisata di Sumatera Barat, sambil menikmati kuliner. :D

Comments are closed.