Belum Nonton Film ‘Salisiah Adaik’? Tonton Full Movie-nya Disini

0

Film Salisiah adaik adalah salah satu film minang (asli) yang fenomenal. Pasalnya film yang mengangkat problema yang masih sangat lekat di Minangkabau itu dikerjakan langsung oleh putra-putri daerah tanpa campur tangan Home Production.

Film karya Ferdinand Almi  ini awalnya adalah tugas akhir studinya di Institus Seni Indonesia (ISI) Padang Pangang. Siapa nyana bahwa buah tangan dinginnya tersebut bahkan mampu menadi fenomena di masyarakat.

Banyak orang yang tertarik untuk menonton film tersebut. Terbukti sejak premiernya di tahun 2014, film tersbut seringkali diputar di acara ‘Nonton Bareng film Salisiah Adaik’. Tak hanya di tanah Minangkabau, bahkan film ini juga laris di Rantau (Luar Sumatera Barat).

Berkat kesuksesan dan ketenaran film ini, tak sediki orang yang menunggu-nunggu versi digital dari film tersebut. Sejak 2014 hal itu menjadi tanda tanya, mengingat sang sudtradara yang juga menggarap film Minanga Kanwa ini tidak ingin mengkomersilkan film tersebut dalam bentuk CD atau DVD. Salah satu alasannya adalah maraknya pembajakan akan karya cipta.

Sinopsis

‘Lain Lubuak Lain Ikannyo, Lain Ladang lain Ilalang”. Minangkabau terkenal memiliki tradisi yang berbeda di daerah masing masing.

Muslim, seorang lelaki Pariaman yang berumur 28 tahun dan berprofesi sebagai tukang emas. Muslim dipindahkan ke Payakumbuh untuk menggantikan karyawan Ajo Amaik yang pulang kampung. Sesampai di Payakumbuh, perbedaan bahasa membuat muslim mendapat musuh ketika penyalah artian bahasa daerah masing-masing.

Baca Juga :  Cara dan Pertimbangan Memilih Pemimpin di Minangkabau

Tak lama muslimpun menemukan Ros,  gadis Payakumbuh yang membuat muslim jatuh hati dan berniat untuk menikahi wanitas tersebut. Muslimpun mendekati Ros dan sampai akhirnya mendapatkan hati Ros.

Perbedaan Tradisi membuat kisah percintaannya ditentang oleh keluarga dan orang-orang kampung. Kedua orang tua Ros pun tak mau merestui hubungan antara Ros dan Muslim. Mengetahui hubungan Muslim dan Ros, kedua orang tua muslimpun memberikan perlawanan dengan tradisinya. Sampai pada akhirnya pertentangan mamak-mamak Ros dan Muslim pun terjadi untuk membahas tradisi yang dipakai oleh mereka..

STORY By : FERDINAND ALMI. WRITTER By : WINDA FJ D.O.P By : TEDDI DELVIAN RICKO EDITOR By : OJIE PAJIX & HAFFIS DIRECTOR By : FERDINAND ALMI

Salisiah Adaik Full Movie

Support terus karya lokal anak Minang untuk dapat terus bersaing di dunia Internasional. Jangan lupa untuk Like, Coment & Subscribe.

Disclaimer : Brisickzz Production.

Comments

comments

Share.

About Author

Perantau minang yang selalu 'rindu' kampung halaman. Tertarik dengan semua jenis kesenian minang, tari, musik, teater dll

Comments are closed.