Festival ‘Hoyak Tabuik’ 2018 Turut Menambah Semarak Tour de Singkarak

0

Ada yang berbeda dari gelaran Festival Budaya Tabuik tahun ini. Perhelatan yang sarat dengan nilai agama dan budaya khas Pariaman ini akan dihelat berbarengan dengan gelaran Tour de Singkarak 2018 (5-14 September) . Festival tahunan ini akan diselenggarakan pada tanggal 12 – 16 September 2018 di Pantai Gandoriah, Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Setiap tahun, perhelatan akbar masyarakat pariaman ini selalu ditunggu-tunggu dan ramai dikunjungi. Festival budaya yang sarat dengan nilai-nilai agama (islmai) ini merupakan cara masyarakat setempat (pariaman) untuk memperingati buan muharam (awal tahun dalam kalender islam).

Sejarah & Asal Usul Tabuik

Tabuik adalah patung burak, atau kuda dengan sayap lebar dan kepala manusia, dengan kepala gadis-gadis tersenyum, sayap dan ekor lebar. Terbuat dari bambu, rotan dan kertas. Di belakang ada peti mati dengan dekorasi dan payung yang indah di atasnya. Di kedua sisi, patung-patung dihiasi dengan delapan bunga kertas.

Festival budaya ini biasa dilakukan pada peringan tahun baru islam (Muharram) dalam kalender Hijriyah. Acara puncak biasanya dialksanakan pada tanggal 10 Muharram,sebagai peringatan atas peristiwa karbala yang menewaskan cucu Nabi Muhammad, Husein. Pada hari tersebut biasanya Tabuik akan diarak beramai-ramai dan kemudian di buang ke laut.

Meskipun orang-orang Pariaman tidak mengikuti aliran Islam Syiah, perayaan yang sudah diperingati sejak tahun 1831 ini merupakan peringatan kematian pahlawan Syiah Hasan dan Hussain, keturunan Nabi Muhammad. Terlepas dari asalnya, upacara tabuik tidak hanya upacara keagamaan tetapi juga objek wisata utama Pariaman.

Proses Pembuatan Tabuik

Pada hari-hari sebelum festival dimulai, sejumlah dol dan beberapa tasa drum dikumpulkan dari toko-toko di luar kota dan dibawa ke dua rumah tabuik untuk disetel dan diperbaiki jika perlu. Sementara itu, bahan-bahan dan alat-alat untuk membuat daraga (pemakaman suci) dan burak serta tandu pemakaman yang rumit dan tinggi akan dibawa ke gudang di luar rumah-rumah tabuik. Untuk masing-masing dari sepuluh hari festival, satu set persyaratan ritual harus dipenuhi. Setiap varian dari aturan dapat mengakibatkan bencana.

Baca Juga :  Tradisi Unik Masyarakat Pariaman Pada Peringatan Maulid Nabi

Pada hari pertama, laki-laki membangun tahap pertama daraga pada cetakan tanah liat di halaman terdekat dan membangun pagar bambu di sekitarnya. Kelompok wanita di setiap rumah tabuik mulai menghias payung dengan sejumlah bunga kertas putih untuk ditempatkan di daraga dan untuk menghias burak tinggi itu sendiri pada hari kesepuluh. Pada sore hari pertama, dua desa yang bertugas menyelenggarakan festival tabuik mengadakan prosesi utama pertama: maambiak tanah (mengambil awan bumi), yang melambangkan tubuh Hasan dan Husain, dari debu menjadi debu.

Hari kedua hingga keempat dimaksudkan sebagai hari hening, berfungsi sebagai ‘ketenangan sebelum badai’, sementara giliran para pengrajin bekerja sepanjang waktu untuk menyelesaikan pembangunan dan dekorasi kedua burak. Ritual utama akan diadakan pada hari kelima. Turun panja (ritual tangan yang terentang) akan terjadi. Panja, juga dikenal sebagai jari-jari, terbuat dari emas, perak atau seng, melambangkan tangan Hasan yang terputus-putus. Dibawa untuk ritual ini setiap seperlima Muharram dan diberi pencucian purifikasi tahunan dalam air lemon. Menjelang sore hari itu, upacara yang disebut mamancang batang pisang (memotong tangkai pisang) akan dilakukan serentak di kedua desa.

Pengalaman yang sangat emosional pada hari kelima akan diikuti dengan hiburan ringan di hari berikutnya. Pada sore hari keenam, tabuik lenong (prosesi model kecil) berlangsung di sekitar kota. Sebuah menara yang dihias dengan tinggi sekitar satu setengah meter akan dibawa di atas kepala seorang peserta di setiap sisi dan akan bergoyang dari sisi ke sisi seperti goyangan tabuik besar pada hari ke sepuluh. Pada siang hari ketujuh, maarak jari-jari (prosesi tangan) berlangsung dan suasana penuh gairah kembali. Dalam prosesi yang penuh kesedihan di sekitar jalan, masing-masing pihak memarak panja dan melantunkan frasa seperti “Hasan, Husain, Kasihan Hasan, Kasihan Husain”. Pada malam hari, perasaan kegembiraan tragis mencapai puncaknya, dan adegan perang beruji dan mandara dimulai, melambangkan perang jihad Karbala.

Baca Juga :  Sala Lauk : The Crunchy Outside Creamy Inside of Pariaman

Pada malam kedelapan, maarak saroban (prosesi sorban) diadakan untuk merayakan kepahlawanan Husain, dengan model sorban Husain dan tangan yang dipotong dibawa oleh anggota masing-masing pihak untuk memperingati pemenggalan Husain oleh tentara Yazid sambil meneriakkan “Kita menang. Inilah kepala (serban) Husain! ”Keluarga tabuik tetap terjaga sepanjang malam pada malam kesembilan untuk menyelesaikan pembuatan tanda peringatan tabuik.

Pada pagi hari kesepuluh, sekitar enam belas pria di masing-masing sisi  menaiki tabuik tinggi di pundak mereka dan berpawai di sekitar jalan-jalan. Konstruksi akan terguncang – dihoyak – dengan gerakan elegan untuk melambangkan pertempuran Karbala. Kerumunan yang menyertainya seharusnya berteriak ekspresi seperti mahoyak Husain (Hidup Husain) dan teriakan antagonis lainnya melawan sisi lain. Dua tabuik itu pergi berparade dan tiba di ujung-ujung jalan utama dan mulai bergerak pada perjalanan terakhir mereka ke laut. Dua tabuik raksasa bergerak tanpa suara di seberang pantai, di mana perang pasir yang menarik terjadi. Pada saat Maghrib (doa setelah matahari terbenam), tabuik akan dilemparkan ke ombak, melambangkan pendakian Hasan dan Husain ke surga.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Penerbangan harian dari Jakarta ke Padang tersedia dengan Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Lion. Kota Pariaman juga dapat dicapai dengan taksi atau bus antarkota dari Bandara Internasional Minangkabau.

Sumber : pedomanwisata.com// Festival Pesona Hoyak Tabuik 2018 : Acara Agama dan Budaya yang Paling Utama di Pariaman

Comments

comments

Share.

About Author

Established Since "Gunuang Marapi Sagadang Talua Itiak"

Comments are closed.