Festival Danau Singkarak 2017 Hadirkan Helat Bertema ‘Pesona Sumpu’

0

Festival Danau Singkarak 2017 akan kembali digelar pada 1 -2 Juli mendatang. Untuk perhelatan akbar tahun ini, dinas pariwisata setempat mengangkat tema Pesona Sumpu. Festival Budaya dan Kuliner ini sendiri memang akan dipusatkan di daerah dengan slogan ‘Nagari Rumah Gadang Sesungguhnya’ tersebut.

Nagari sumpu terletak di tepi Danau Singkarak Kabupaten Tanah Datar yang dialiri oleh Batang Sumpur dengan sawah dan bukitnya yang mempesona. Terkenal dengan kulinernya seperti Bilih, Pangek Sumpu, Singgang, Rendang serta buah Sawonya yang manis.

Rumah Gadang Nagari Sumpu

Rumah Gadang Nagari Sumpu (src: kompas.com)

Selain itu, di Sumpu juga terdapat banyak Rumah Gadang yang usianya ratusan tahun dan ada beberapa yang telah dijadikan homestay. Dengan banyaknya potensi yang dimiliki Nagari Sumpu dan untuk menunjang pariwisata Sumatera Barat, maka diadakan Festival Danau Singkarak dengan tema Pesona Sumpu pada tanggal 1-2 Juli 2017.

Dengan diadakannya Festival Budaya & Kuliner ini diharapkan mampu mempererat silaturahmi, melestarikan seni budaya, mempromosikan potensi wisata budaya, kuliner dan alamnya serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nagari Sumpur di masa datang. Yang mana nantinya berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat, terutama untuk masyarakat Nagari Sumpu.

festival danau singkarak

Info Lomba dan Kegiatan (src: traveler.id)

Rangkaian acara Festival Danau Singkarak

  • Pagelaran Seni dan Budaya

Pertunjukan dari anak Nagari Sumpu ini akan menampilkan aneka tari, randai, dan penampilan musik Talago Buni. Akan ada arakan Bundo kanduang Nagari Sumpur menjunjung talam.

  • Lomba Pacu Biduak.
Baca Juga :  'Bilih Singkarak' : Ikon Wisata Kuliner Halal Sumatera Barat

Dimana pesertanya adalah nagari-nagari yang ada diselingkar Danau Singkarak. Sebagai wilayah dengan potensi perairan (Danau Singkarak) dan mata pencaharian penduduk, tentunya Lomba Pacu Biduak ini adalah refleksi bagaimana kehidupan sosial dan ekonomi penduduk sekitar.

  • Lomba Dekorasi dan Modifikasi Biduak

Selain memperlombakan laju biduk diperairan, juga diadakan loma untuk menghias dan mempercantik tunggangan masing-masing. Pesertanya berasal dari wilayah sekitar Danau Singkarak tersebut.

  • Lomba Manjalo

Manjalo (menjala) ikan adalah salah satu mata pencaharian penduduk. Meskipun terlihat sederhana, kegiatan ini memerluak trik khusus agar jala terkembang semurna dan penjala tidak jatuh dari biduk. Dengan adanya kompetisi ini, selain untuk unjuk kebolehan, juga sebagai sarana pengajaran cara menangkap ikan yang baik dan selamat.

  • Eksebisi Pawai Perahu

Jenis perahu yang akan diikutserakan dalam pawai adalah jenis Perahu Naga, Perahu Perhubungan, Perahu Karet, Perahu BPBD dan Biduak.

  • Silat Dalam Air

Salah satu kearifan lokal yang hanya dijumpai di Nagari Sumpu adalah pertunjukan silat dalam air. Tentunya lokasi pertarungan adalah Danau Singkarak. Bila anda terbiasa melihat silat di daratan, silat dalam air tentunya sangat indah dilihat, bagaimana gemericik dan percikan air akibat gerak silat para pendekar silat.

  • Lomba Kuliner

Selain kaya akan potensi Budaya, Sumpu juga kaya akan keanekaragaman kuliner khas. Lomba kuliner ini diadakan khusu untuk ibu-ibu PKK dan Bundo Kanduang, tentunya dengan masakan yang sangat khas Sumpu.

  • Mancing Mania
Baca Juga :  'Bilih Singkarak' : Ikon Wisata Kuliner Halal Sumatera Barat

Untuk melengkapi kompetisi Manjalo yang tentunya hanya bisa diikuti oleh nelayan sekitar, diadakan juga lomba memancing. Lomba sendiri akan dipusatkan di Batang Sumpu.

  • Lomba Fotografi

Bagi para pengunjung dan penonton festival budaya ini juga bisa berpartisipasi dalam lomba fotografi. Perlombaan dibebaskan untuk memotret jalannya kegiatan maupun pesona Nagari Sumpu dari berbagai angle dan view.

Setiap lomba disediakan hadiah yang menarik. Jadi jangan ragu untuk ke mana setelah lebaran tanggal 1-2 Juli 2017. Buat yang ingin info lebih lanjut silakan hubungi: Kamrita (+6281363733737) dan Novita Yanti  (+6285263984498).

Oleh : ( Novita Yanti // traveller.id )

Comments

comments

Share.

About Author

Established Since "Gunuang Marapi Sagadang Talua Itiak"

Comments are closed.