Pacu Jawi & Jadwal Event di Sumbar Sepanjang Juli 2017

0

Salah satu event yang paling ditunggu di bulan Juli adalah Pacu Jawi. Balapan tradisional khas Tanah Datar ini memang sempat ditiadakan selama bulan puasa, demi kekhusyukan beribadah. Pasca lebaran, tepatnya pada tangga 1 Juli kegiatan ini sudah mulai dihelat kembali.

Untuk musim Juli 2017, helat ini akan ramai diadakan. Dalam kalender event sumatera barat sendiri tercatat Pacu Jawi akan diadakan mulai dari tanggal 1, 8. 15. 22 Juli. Untuk kesempatakan kali ini Nagari Rambatan mendapat kehormatan menjadi tuan rumah.

Selain Pacu Jawi masih banyak event wisata lain di sumatera barat yang wajib dikunjungi dan dicatat tanggalnya.

Festival Danau Singkarak

Mengawali catatan event sumatera barat di bulan Juli ada festival danau singkarak. Festival budaya kali ini dipusatkan di Sumpu, nagari dengan slogan Negeri 1000 Rumah Gadang Sesungguhnya.’ dari tanggal 1 hingga 2 Juli 2017.

Selain menghadirkan festival budaya dan kuliner, kali ini juga ditampilkan wisata masyarakat. Sesuai dengan kondisi ekonomi dan sosila penduduk setempat, festival ini juga dimeriahkan dengan kehadiaran berbagai lomba yang tak kalah seru. Diantaranya adalah pacu biduak di danau singkarak, lomba hias perahu, lomba menjala hingga memancing.

Untuk kegaiatan budaya sendiri, selain menampilkan randai, musik dan aneka tarian. Juga ditampilkan pencak silat khas sumpu, yaitu silat didalam air.

Pacu Itiak

Tak hanya pacu jawi, Pacu itiak pun juga menarik untuk dilihat. event khas Payakumbuh, 50 Kota ini akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juli.

Baca Juga :  Jadwal 'Pacu Itiak' dan Event lain di Sumbar Sepanjang Maret 2017

Bila pacu jawi dilaksanakan disawah basah berlumpur, pacu itiak biasanya diadakan di tanah kering. Itik dilepaskan dan diterbangkan oleh tuannya. Pemenang adalah itik  dengan terbang paling jauh dan lurus.

Melihat itik-itik beterbangan diudara tentunya menjadi tontonan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke luhak nan bungsu  tersebut. Tak heran kemudian event ini menjadi tontonan yang diburu para fotografer yang ingin mengabadikan detik detik saat itik berenang di udara.

Selain 3 event besar tersebut masih banyak event lain yang layak dikunjungi sepanjang bulan Juli di Sumatera Barat. Yaitu:

  • Pemilihan Uda Uni Kab Sijunjuang @Kab Sijunjuang (15 Juli)
  • Pesta Pantai @Kota Pariaman (15-16 Juli)
  • Festival Randai Tingkat Kota Sawahlunto @Talawi (17-19 Juli)
  • Cik Uniang jo Cik Ajo @Kota Pariaman (21,22,28,29 Juli)
  • Pemilihan Duta Wisata CIlik @Lapangan Segitiga Sawahlunto (28-29 Juli)
  • Wall Climbing Silo 10.000 @Taman Silo Sawahlunto

Tunggu apalagi. catat tanggalnya dan siapkan diri anda dari sekarang. Untuk update informasi dan tanggal yang dapat berubah sewaktu-waktu silahkan cek di kalender event sumbar 2017.

Comments

comments

Share.

About Author

Established Since "Gunuang Marapi Sagadang Talua Itiak"

Comments are closed.