SISCa, Pasa Harau Art & Culture Festival Meriahkan Event Sumbar Bulan Agustus

0

Agustus ini akan ada banyak event budaya di Sumatera Barat. Mulai dari karnaval songket yang diadakan di Sawahlunto, pawai budaya di Sijunjung dan Pariaman hingga Pasa Harau Art & Culture festival yang ikut memeriahkan bulan kemerdekaan Indonesia.

Sawahlunto International Songket Carnival (SISCa) adalah parade hasil kebudayaan masyarakat Sawahlunto. Pada event pariwisata tahunan ini, tak hanya pameran songket, tapi juga banyak kegiatan lain yang tak kaah seru. Diantaranya parade, fashion show, konferensi songket nusantara hingga SISCa Night.

Berlangsung dari 25 hingga 27 Agustus 2017, di Sawahlunto, SISCa tahun ini diperkirakan menarik hingga lebih dari 17.000 partisipan dan pengunjung, seperti tahun tahun sebelumnya.

Selain Songket Karnval, berikut event pariwisata dan budaya yang ikut memeriahkan agustus, bulan kemerdekaan republik Indonesia ke 72.

Pariaman EXPO & Fashion Week

Aneka produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akan dijajakan di Pariaman EXPO tahun ini. Kegaiatan yang merupakan agenda dinas perdagangan dan perindustrian pemerintah setempat ini merupakan acara tahunan untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan memacu kreativitas para pengusaha UMKM.

Pariaman Expo 2017

Pariaman Expo 2017

Bertempat di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, EXPO ini akan berlangsung selama dua hari yaitu pada 12 hingga 13 Agustus. Selain acara pameran dan expo, juga diadakan acara fashion week.

Pawai Budaya – Sijunjung

Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, pemerintah Sijunjung mengadakan pawai budaya serempak pada tanggal 18 Agustus 2017. Pawai sendiri akan dipusatkan dari Kantor Bupati hingga Gedung Pancasila, Muaro Sijunjung.

Baca Juga :  Danau Biru Sawahlunto. Destinasi Wisata yang 'Tak Sengaja' Terbentuk

Aneka kendaraan hias, pawai alegoris, pawai pembangunan turut memeriahkan pawai budaya pemerintah sijunjung ini. Tak hanya pegawai pemerintahan, pelajar, hingga masyarakat setempat diminta untuk ikut memeriahkan acara tahunan ini.

Pawai Budaya & Alegoris – Tanah Datar

Masih dalam rangka peringatan HUT RI ke -72, pemerintah tanah datar juga tidak mau kalah. Rangkaian kegiatan pawai budaya dan alegoris sendiri berlangsung selama 8 hari, mulai dari tanggal 6 hingga 13 Agustus 2017.

Kegaiatan yang berpusat di lapangan cindua mato ini tidka hanya menampilkan acara karnaval, tapi juga penuh dengan kegiatan pesta rakyat. Aneka permainan khas tujuh belasan digelar, seperti: sepak takraw, bola volli, tenis meja, tenis lapangan, futsal, bulutangkis, tarik tambang, tangkelek panjang, pacu karung, gerak jalan, lomba drumband, hingga lomba K3 rumah makan.

International Dragon Boat – Padang

Kompetisi lomba perahu naga ke 15 ini akan berlangsung dari tanggal 3 hingga 6 agustus 2017. Bertempat di Bantaran Banjir Kanal, GOR H Agus Salim, loma perahu naga ini akan dikuti oleh puluhan tim dari dalam dan luar negeri.

International Dragon Boat 2017

International Dragon Boat 2017

Pasa Harau Art & Culture Festival – Payakumbuh

Salah satu event budaya terbesar Sumatera Barat tahun ini adalah Pasa Harau Art & Culture Festival. Festival budaya yang berlangsung selama 3 hari itu akan menampilkan berbegai ragam pertunjukan seni dan budaya, hinggahasil karya dan kearifan lokal masyarakat minangkabau.

Baca Juga :  Wisata Sumbar dan Segenap Kecantikannya di Malam Hari

Bertempat di Lembah Harau, ikon pariwisata kota Payakumbuh (lima puluh kota), Kegaiatan budaya ini akan berlangsung dari 25 hingga 27 agustus. Diantara acara andalan yang akan ditampilkan adalah silek lanyah, randai, tari piring, pacu anjing, beruru babi, layang darek, hingga aneka kuliner dan pacu jawi.

Minang Silek Retreat – Padang Panjang

Padang Panjang sejak beberapa tahun belakangan gencar mempromosikan SIlek sebagai salah satu kearifan lokal khas negeri serambi mekkah tersebut. Salah satu keunikan silek dari Padang Panjang ini adalah pertunjukan silek tuo dalam lumpur, atau yang biasa disebut dengan Silek Lanyah.

Minang silek Retreat ini merupakan semacam camping  antara berbagai pendekar silek. Rangkaian kegiatan selama 8 hari tersebut (24 – 31 Agustus) terdiri dari banyak agenda, diantaranya

  • Melatih beberapa gaya Silek Minang
  • Pengalaman Silek Lanyah atau Silat di lumpur
  • Budaya Minangkabau menampilkan kesenian dan kerajinan
  • Trekking ke Dataran Tinggi Minang yang rimbun

Kegiatan ini diselengarakan secara gratis (diluar penginapan, tranportasi dan akomodasi pribadi) karena dibiayai oleh pemerintah daerah setempat.

(Untuk informasi lebih lanjut silahkan kontak panitia penyelenggara di laman Facebook Warior Of Indonesia.)

Comments

comments

Share.

About Author

Established Since "Gunuang Marapi Sagadang Talua Itiak"

Comments are closed.