Biografi ‘Ferry Zein’ : Maestro Musik dan Pencipta Lagu Minang

0

Pada tahun 2011 silam, Perhimpunan Media se-Sumatera Barat menganugerahkan penghargaan kepada 10 tokoh terbaik di sumatera barat atas Dharma Bakti mereka. Diantara 10 orang tokoh minang tersebut, termasuk Ferry Zein di dalamnya. Beliau dianugerahi penghargaan sebagai maestro musik minang.

Ferry Zein tidak hanya mahir bernyanyi. Bahkan pemilik studio rekaman Carroline Record ini juga mahir menulis, arransemen dan memproduksi lagu-lagu minang. Salah satu lagu ciptaannya yang hits di pasaran adalah lagu berjudul Padiah di Seso Bayangyang diaransemen kembali dan dibawakan oleh penyanyi Boy Shandy.

Profil Ferry Zein

Ferry Zein lahir di Bukittinggi pada 26 Februaru 1958. Ayahnya, Zainal Zein adalah orang Alang Laweh, Padang Sumatera Barat. Sedangkan Ibunya Hj. Zusna Said adalah orang Maninjau. Dia merupakan anak pertama dari 6 orang bersaudara. Orang tua Ferry Zein, Zainal Zein berprofesi sebagai TNI ( Tentara), sedangkan ibunya,Zainal Zein, merupakan seorang apoteker.

Selain menjadi budayawan, Ferry Zein juga merupakan penyiar dan pembaca berita di RRI Padang. Selain itu, pengalaman di dunia seni seni juga dimiliki oleh ” Bang Ferry” panggilan akrabnya. Ia juga dipercaya sebagai Ketua Lembaga Negara Independen Komisi Penyiaran Indonesia Sumatera Barat.

Ferry Zein & Lagu Minang

Ferry zein belajar musik secara otodidiak. Karir musiknya tercatat bermula sejak tahun 1976. Pada tahun itulah beliau mulai menulis lagu-lagu minang yang populer hingga sekarang. Menurut ahli sejarah perkembangan musik minang, Ferry Zein termasuk tokoh yang berjasa dalam memperbaharui aransemen lagu minang.

Baca Juga :  Ungku Saliah, Ulama Kebanggaan Minang dari Pariaman

Pembaharuan di dunia musik minang berkembang pada era 90-an. Masa itu ditandai dengan hadirnya aransemen ferry zein pada lagu Kasiak 7 Muaro  yang dipopulerkan oleh Zalmon. Karya tangan ferry zein yang mahir menggunakan alat modern namun tetap kental akan nuansa musik minang. Sejak itulah, dunia musik modern masuk ke sumatera barat. Maka bermuncuan studio-studio musik, dan Ferry sendiri memiliki studio rekaman sendiri, bernama Caroline Record.

Melalui tangan beliau, sudah banyak lagu dan penyanyi minang yang mengorbit didunia tarik suara. Diantaranya Zalmon, An Roys, Monalisa, Boy Shandy, Dessy Sathia, Nedi Gampo, Nover t, Edi Cotok, Odi Malik dan Masih banyak lagi. Bahkan mantan gubernur sumatera barat, Gamawan Fauzi, yang juga sempat menabat menteri dalam negeri kabinet Indonesia Bersatu II, pernah dibuatkan album ‘Bungo Lambah Gumanti’

Lagu Minang Populer oleh Ferry Zein

Maestro musik bertangan dingin ini sudah banyak menelurkan lagu minang yang populer dan direkam kembali hingga sekarang. Berikut diantara lagu populer yang diproduksi oleh beliau.

  • Padiah di Seso Bayang
  • Rindu di Rambang Patang
  • Bungo Cinto di Hati Putiah
  • Patah Bacinto
  • Kasiak 7 Muaro
  • Di Mimpi Datang Juo
  • Pintak ka Payuang Kuniang
  • Padang kota Tacinto
  • Nyao Pulang ka Badan
  • Bungo Lambah Gumanti
  • Usah diratoki
  • Rambaian Taduang
  • dll

Comments

comments

Share.

About Author

Undergraduated Student of University of Indonesia. Gadih Minang asli. Lahia di Ranah Minang & Gadang jo Samba Randang. Hoby Menari Minang, Menyanyi Lagu Minang dan Terutama Makanan Minang :D

Comments are closed.